Monday, January 21, 2019

10 Hal Terpenting Yang Harus Di Ketahui Sebelum Memasuki Perkuliahan ...

Membahas seputar Hal Hal Penting Yang Harus Diketahui Sebelum Memasuki Perkuliahan, 1 Semester dalam Kuliah, Pertanyaan Seputar Perkuliahan hal terkait lain seputar kuliah.

Banyak Sekali Calon Mahasiswa Yang Memiliki segudang pertanyaan Ketika hendak memasuki perkuliahan dan saya rasa berikut ini diantara pertanyaan yang sering calon mahasiswa pertanyakan

Apa saja yang dilakukan saat kuliah? 1 semester berapa bulan dalam kuliah? Hari pertama masuk kuliah? Cara belajar kuliah yang efektif gimana? Semester kuliah ada berapa?. 

Nah dari pertanyaan itu akan kita temukan hal-hal penting yang harus diketahui sebelum memasuki perkuliahan. Jadi, Simaklah artikel ini dengan baik

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mulai Kuliah

apa saja yang dilakukan saat kuliah, pertanyaan seputar kuliah, apa sih sks dalam kuliah itu, 1 semester berapa bulan dalam kuliah
Mungkin bagi kalian yang akan lulus sekolah bingung mau kemana terutama bagi siswa yang berpendidikan SMA. Menurut saya jawaban terbaik adalah melanjutkan sekolah kalian ke perguruan tinggi karna ini dapat membantu kalian dalam mencari pekerjaan dan lain sebagainya.

Berikut hal yang harus kalian ketahui sebelum memasuki dunia perkuliahan agar kalian mempunyai pengalaman sebelum memasuki dunia perkuliahan. oleh sebab itu kita harus mengetahui apa-apa saja yang di lakukan di universitas dan prosesnya dalam memasuki sebuah universitas.

Disini saya akan memaparkan sedikit tentang pengetahuan saya, Ok langsung saja simak artikel di bawah ini :

1. Memilih universitas yang bagus.

untuk hal ini alangkah baiknya untuk cek universitas terbaik di situs badan akreditasi negara. universitas yang bagus adalah universitas yang telah mendapat akreditas terbaik dari BAN-PT seperti universitas indonesia, universitas gajah mada, institut teknologi bandung dan lain lain

2. Lamanya berkuliah

lamanya kuliah lebih baik di usahakan selesai selama 4 tahun atau 3,5 tahun tergantung pada  situasi. apabila anda bekerja sambil bekerja usahakan kuliah anda selesai selama 5 tahun.

Pada intinya anda harus menyegerakan untuk menyelesaikan kuliah anda karna jika anda tidak cepat menyelesaikan kuliah anda maka anda akan tergencet dalam persaingan didunia kerja. karna kita tidak lagi bersaing dengan teman sebangsa akan tetapi juga dengan bangsa lain.

3. Sistem pengambilan nilai

sistem yang di gunakan sama halnya dengan yang ada di SMA dan sederajatnya yaitu dengan mengadakan ujian tengah semester dan ujian akhir semester  seperti UAS

Akan tetapi tidak hanya itu, Beberapa dosen suka mengeluarkan ujian-ujian mendadak dengan alasan untuk mengangkat  nilai akademik mahasiswanya sebelum ujian tengah semester atau sebelum ujian akhir semester . pada intinya ujian di lakukan 4 kali dalam setahun ,dua ujian tengah semester dan dua ujian akhir semester.

4. Sistem penilaian yang di gunakan

universitas menggunakan IP dalam penilaiannya. IP merupakan kependekan dari indeks prestasi yaitu jumlah dari seluruh mata kuliah yang anda ambil dalam satu semester

Nilai di perkuliahan beragam tapi secara sederhana nilai untuk satu mata kuliah bisa A, B, C, D, E. Bobot nilai a adalah 4, B adalah 3, C adalah 2, D bernilai 1 ,dan E bernilai  0.

5. Ekstrakulikuler di universitas

Sama halnya di sekolah, universitaspun mengadakan atau mempunyai eskul , bahkan jika dibandingkan dengan sekolah eskul mahasiswa jauh lebih berkualitas.

Contoh jika anda terlibat dalam eskul di bidang sosial politik dengan memasuki badan eksekutif mahasiswa, maka anda tidak hanyak membuat program agar mahasiswa dilingkungan kampus berpartisipasi tetapi juga harus berhadapan dengan lobi-lobi politik agar program anda berjalan dan juga mendapat pendanaan.

Beberapa dosenpun akan memberikan nilai plus terhadap mahasiswa yang mengikuti kegiatan, akan tetapi tidak semua dosen memberikan nilai plus .ada juga dosen yang tidak peduli pada kegiatan eskul yang anda ikuti ,dan tidak peduli pula pada kesuksesan acara-acara yang anda jalankan

Dan apabila nilai mata kuliah kalian jeblok maka bersiaplah untuk mengulang mata kuliah tersebut di tahun depan (semester depan).

6. Langkah-langkah memasuki universitas

biasanya untuk masuk ke sebuah universitas ada tes atau ujian untuk menyaring mahasiswanya, Baik universitas swasta ataupun universitas negri melakukan hal ini.

Dan calon  mahasiswa harus lulus dengan nilai ujian tertentu yang dikenal dengan nama passing grade.


7. Sistem raport di universitas

Raport merupakan sistem laporan perkembangan dari siswa terhadap kegiatan belajar yang telah di jalani selama periode tertentu di sekolah .akan tetapi kalau di universitas raport dikenal dengan indeks prestasi kumulatif (IPK).

Jadi setelah 6 bulan menjalani perkuliahan dengan mata kuliah yang beraneka ragam dan setelah menjalani UAS maka mahasiswa akan di berikan semacam pembagian raport,

Bedanya dengan raport hasil kuliah selama 6 bulan tidak diberikan dengan berbentuk buku akan tetapi sebuah selembar kertas kecil hasil print yang mencantumkan nomor induk mahasiswa, prodi (jurusan) yang diikuti , dan mata kuliah yang di ambil pada semester tersebut beserta nilainya.

Beberapa universitas sekarang telah membuat web untuk pengumuman tersebut (raport)


8. Mengikuti kegiatan OSPEK ketika memasuki sebuah universitas

sama halnya ketika kita baru memasuki SMA kita di suruh mengikuti  kegiatan MOS ,nah di perguruan tinggi pun sama yaitu dengan nama yang berbeda OSPEK.

Ospek merupakan sistem yang digunakan ketika penerimaan siswa baru yang diselenggrakan oleh pihak pro maupun pihak kontra.

Sebenarnya ini merupakan hal yang kurang disukai oleh banyak calon mahasiswa karna mereka beranggapan bahwa mereka telah di bodohi dengan harus melakukan suatu hal yang diinginkan atau diperitahkan oleh seniornya, akan tetapi menurut saya itu merupakan kenangan yang menjadi cerita ,jadi turuti saja .


9. Waktu per mata pelajaran

mata pelajaran sering juga di sebut dengan nama SKS (sistem kredit semester) jangka waktunya adalah 1 SKS berlangsung selama satu jam (1 jam). jadi bisa di simpulka setiap mata pelajaran mempunyai waktu sebanyak satu jam.

10. Adanya sistem UNAS agar lulus ujian

untuk lulus kulian anda harus menyelesaikan mata kuliah yang wajib dan beberapa mata kuliah pilihan. jika anda telah menyelesaikan mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan dan anda cukup mempunyai bobot sks yang ditentukan maka berhak untuk mengajukan skripsi.

Skripsi adalah proses akhir dari perkuliahan. Di dalam pemaparan anda yang mengangkat sebuah masalah di skripsi yang anda tulis dan anda secara tidak langsung di tuntut untuk mengetahui dan memahami permasalahan yang anda angkat beserta solusinya.

Apabila kalian mempunyai kesempatan untuk pergi ke toko buku cobalan untuk mencari jurnal ilmiah. karna di dalam jurnal ilmiah tersebut memuat contoh skripsi atau penelitian dari orang-orang yang berkompeten.

Contoh apabila kalian memilih prodi sastra inggris maka skripsi yang akan di buat adalah meneliti sebuah novel atau karya sastra lain dan mengangkat sebuah fenomena atau topik yang bisa anda pertahankan saat persidangan skripsi

Pada dasarnya kehidupan dalam sebuah perguruan tinggi sangat berbeda dengan kehidupan di sekolah, disana kita di ajarkan untuk mandiri, dan lebih bijaksana dalam menetukan pilihan dan setiap keputusan yang diambil akan memberikan pengaruh pada tingkat kedewasaan anda .

Semoga artikel 10 Hal Penting Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Masuk kuliah bermanfaat dan semoga bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah semoga tercapai Aamiin.

Teruslah beursaha mengejar ilmu ada yang mengatakan kejarlah ilmu sampai kenegri china jadi teuslah semngat dan raihlah cita -citamu setinggi langit - Terima kasih
Bagikan ke FACEBOOK

Terkait10 Hal Terpenting Yang Harus Di Ketahui Sebelum Memasuki Perkuliahan ...