Sunday, January 8, 2017

Manfaat, Keutamaan dan Hikmah Melakukan Shalat Sunnah Rawatib ...

Pembahsan lengkap mengenai manfaat sholat rawatib, hikmah shalat rawatib, keutamaan shalat sunnah rawatib, simak baik baik berikut ini.

Seperti yang kita ketahui setiap sholat fardhu memiliki sholat sunah yang masing-masing mempunyai keistimewaan, yaitu sholat sunah qobliyah dan ba'diyah .dari beberapa sholat sunah dalam sholat fardhu ada yang dinamakan sholat sunah rowatib ,yaitu sholat sunah yang terdiri Duabelas (12) rakaat pada siang dan malam hari (setelah sholat fardhu)

Keutamaan shalat sunnah rawatib

bagaimana cara mengerjakan shalat sunnah rawatib, sebutkan keutamaan shalat sunnah rawatib, keutamaan shalat sunnah rawatib sebelum subuh, dalil shalat sunnah rawatib, keutamaan shalat rawatib muakkad, keutamaan shalat sunnah dhuha, 5 hikmah shalat rawatib, hikmah melakukan shalat rawatib`
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh muslim disebutkan, bahwa allah swt akan membangun rumah (istana) di surga untuk orang-orang yang melaksanakan sholat 12 raka'at pada siang dan malam hari yakni sholat sunnah rawatib.

Adapun dalil tentang hikmah dan keutamaan sholat sunnah rawatib adalah sebagai berikut :
Dari ummu habibah radhiyallahu ‘anha istri rasulullah saw berkata: aku mendengar rasulullah saw bersabda:

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلِّى لِلَّهِ كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيضَةٍ إِلاَّ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ أَوْ إِلاَّ بُنِىَ لَهُ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ. قَالَتْ أُمُّ حَبِيبَةَ فَمَا بَرِحْتُ أُصَلِّيهِنَّ بَعْدُ

Artinya :
"seorang hamba yang muslim melakukan shalat sunnah yang bukan wajib, karena allah, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.” (kemudian) ummu habibah radhiyallahu ‘anha berkata, “setelah aku mendengar hadits ini aku tidak pernah meninggalkan shalat-shalat tersebut."
(Hr. Muslim)

Yang dimaksud dari 12 raka'at itu adalah :
1. 4 raka'at sebelum zhuhur,
2. 2 raka'at setelahnya,
3. 2 raka'at setelah maghrib,
4. 2 raka'at setelah isya' dan 2 raka'at sebelum fajar. Yang bila di jumlah totalnya adalah 12 rakaat.

Manfaat melakukan shalat rawatib

Sholat sunah rowatib ternyata memiliki manfaat atau pahala besar apabila dilaksanakan yang selama ini belum banyak diketahui oleh kaum muslimin. Manfaat atau pahala apa sajakah itu? Simak ulasan selengkapnya di artikel ini.

1. Pahala yang lebih baik dari pada dunia dan seisinya

Keutamaan pertama melaksanakan 2 rakaat shalat sunnag rawatib sebelum subuh, itu merupakan perbuatan yang baiknya lebih dari dunia dan isinya. Hal ini sesuai dengan sabda rasulullah saw yang artinya: dari aisyah r.a bahwa nabi saw bersabda :
” dua raka’at fajar (salat sunnat yang dikerjakan sebelum shubuh) itu lebih baik daripada dunia dan seisinya. “(Hr muslim)

2. Akan dibangunkan rumah baginya di surga kelak

Rasulullah saw ternyata tidak pernah meninggalkan shalat sunnah rawatib ini. Kecuali apabila beliau di dalam perjalanan, dan apabila beliau lupa, sakit ataupun tertidur maka beliau akan beliau mengqodo’nya. Hal ini banyak dibuktikan lewat hadist-hadist.

Dari ibnu umar radhiallaahu anhu dia berkata: 
“aku salat bersama rasulullah shallallahu alaihi wasalam dua rakaat sebelum dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah jum’at, dua rakaat sesudah maghrib dan dua rakaat sesudah isya.”
(muttafaq ‘alaih)

Di dalam suatu riwayat ,dari abdullah bin mughaffal radhiallahu anhu , ia berkata: 
“bersabda rasulullah shallallahu alaihi wasalam , ‘di antara dua adzan itu ada salat, di antara dua adzan itu ada salat, di antara dua adzan itu ada salat. Kemudian pada ucapannya yang ketiga beliau menambahkan: ‘bagi yang mau”.
(muttafaq ‘alaih)

Ternyata, dengan melaksanakan ibadah shalat sunnah rawatib, allah swt akan membangunkan baginya rumah di surga kelak. Hal ini sesuai dengan hadist nabi. Dari ummu habibah radhiyallahu ‘anha istri rasulullah saw berkata: aku mendengar rasulullah saw bersabda:

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلِّى لِلَّهِ كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيضَةٍ إِلاَّ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ أَوْ إِلاَّ بُنِىَ لَهُ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ. قَالَتْ أُمُّ حَبِيبَةَ فَمَا بَرِحْتُ أُصَلِّيهِنَّ بَعْدُ

Artinya :
"seorang hamba yang muslim melakukan shalat sunnah yang bukan wajib, karena allah, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.” (kemudian) ummu habibah radhiyallahu ‘anha berkata, “setelah aku mendengar hadits ini aku tidak pernah meninggalkan shalat-shalat tersebut."  (Hr. Muslim)

Dari ummu habibah radhiallaahu anha , ia berkata: “aku telah men-dengar rasulullah shallallahu alaihi wasalam bersabda, barangsiapa salat dalam sehari semalam dua belas rakaat akan dibangun untuknya rumah di surga, yaitu; empat rakaat sebelum dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah isya dan dua rakaat sebelum salat subuh.”” (hr. At-tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan shahih)


3. Diharamkan baginya api neraka

Tidak hanya akan dibangunkan rumah di surga kelak, namun ternyata shalat sunnah rawatib ini juga memiliki keutamaan yakni allah swt mengharamkan baginya api neraka.
Ummi habibah rodhiyallahu 'anha berkata, saya mendengar rasulullah bersabda :
"allah swt pasti mengharamkan api neraka bagi orang yang menjaga empat rakaat sebelum dan setelah dzuhur." 
(Hr. Ahmad). 

4. Diberi limpahan rahmat

Keutamaan mengerjakan shalat sunnah rawatib yang terakhir adalah akan diberikan rahmat allah swt. Banyak amalan yang bisa melancarkan pemberian rahmat dari allah swt untuk kaum muslimin. Salah satunya adalah dengan melaksanakan shalat sunnah rawatib.

Dari ibnu umar radhiallaahu anhu, bahwa nabi shallallahu alaihi wasalam bersabda : 
“semoga allah memberi rahmat bagi orang yang salat empat rakaat sebelum ashar.”
(Hr. Abu daud dan at-tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan)
Catatan penting : di dalam suatu riwayat juga terdapat suatu riwayat , saya mendengar rasulullah bersabda, jangan kalian tinggalkan dua rakaat sebelum subuh, karena di sana tersimpan banyak rahasia. Hal ini tak pernah ditinggalkan oleh orang-orang hebat. Imam malik mendapat kabar bahwa ibnu umar pernah meninggalkan dua rakaat sunat fajar, kemudian ia mengqadhanya setelah matahari terbit.(malik) . Hal ini menunjukan bahwa betapa luarbiasanya manfaat shlat 2 rakaat sebelum sholat subuh yang tak ingin di tinggalkan oleh orang-orang hebat. 
Sholat qobliyah dzuhur adalah sholat yang di senangi oleh rosulullah saw karna saat qobliyah dzuhur adalah saat pintu langit sedang dibuka, rasulullah senang sekali bila amal shalehnya diangkat saat terbaik itu abdullah bin as-saib meriwayatkan, rasulullah pernah shalat empat rakaat setelah matahari tergelincir (sebelum dzuhur), kemudian beliau bersabda : saat ini pintu langit sedang dibuka, aku lebih suka agar amal salehku diangkat pada saat itu. (Hr. At-tirmidzi).

Nah dari artikel manfaat, keutamaan dan hikmah shalat rawatib , kini kita mengatahui betapa besarnya manfaat, hikmah serta keutamaan sholat rawatib. Oleh karna itu marilah kita senantiasa untuk mengamalkan sholat sunnah yang penuh hikmah ini, agar supaya mendapatkan istana di surga sebagaimana yang telah di janjikan oleh allah swt. Amin ya robbal alamin.

Semoga artikel manfaat, keutamaan dan hikmah shalat rawatib  bermanfaat - Terima kasih

Bagikan ke FACEBOOK

TerkaitManfaat, Keutamaan dan Hikmah Melakukan Shalat Sunnah Rawatib ...