Tuesday, March 7, 2017

Pengertian Keterbukaan dan Keadilan Serta Jenis dan Contoh ...

Membahas pelajaran sekolah seputar jenis jenis keterbukaan, makna keadilan, keadilan menurut aristoteles, keadilan menurut plato - pengertian keterbukaan berasal dari kata dasar terbuka yang memiliki arti "jernih, nyata, jelas, dan mudah difahami"

Nah oleh sebab itu keterbukaan/transparansi mengacu pada persoalan menjadi jelas, mudah difahami dan tidak disangsikan lagi kebenarannya.

Apabila hal ini dikaitkan dengan sistem pemerintah maka istilah keterbukaan itu berarti sebuah ketersediaan pemerintah untuk memberi informasi yang faktual mengenai hlal-hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintah .
pengertian Keterbukaan, pengertian keterbukaan menurut para ahli, ciri2 keterbukaan, contoh keterbukaan dan keadilan, makna keterbukaan,
Dan perlu teman ketahui apabila sistem pemerintah memiliki sebuah keterbukaan maka hal itu akan berdampak positif bagi masyarakat, yang mana masyarakat akan menjadi faham terhadap kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah sehingga masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif di dalam pelaksanaannya (kegiatan tersebut).

Disamping itu juga masyarakat dapat melakukan kontrol sosial terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah ,sehingga memperkecil terjadinya peluang kekuasaan yang disalahgunakan oleh pemerintah, eg; kasus kkn dll. Apabila hal ini (keterbukaan) dikaitkan dengan masyarakat maka itu akan membentuk sikap masyarakat yang terbuka dan kritis. Dan ini mendorong terbentuknya masyarakat yang demokratis.

Masyarakat pun dapat mudah menerima perubahan yang bersifat positif tanpa adanya rasanya curiga, dan diantara masyarakat pun dapat saling memperlajari kekurangan dan kelebihan komunitasnya dengan sikap lapang, sehingga tidak terjadi kompetisi yang tidak sehat diantara mereka. Nah oleh sebab itu karakter masyarakat yang terbuka semacam ini akan mendorong kemajuan disegala bidang.

Makna dari keadilan

pengertian Keterbukaan, pengertian keterbukaan menurut para ahli, ciri2 keterbukaan, contoh keterbukaan dan keadilan, makna keterbukaan,
Keadilan berasal dari kata adil, yang artinya seimbang (balance). Bisa disimpulkan, Makna adil secara luas adalah "jika itu benar maka benar dan jika itu salah maka salah".

Bentuk-bentuk keadilan

Berkaitan dengan hal ini ada 5 jenis keadilan menurut aristoteles (dalam joko widodo, 2001 : 37 ) yaitu sebagai berikut :

Keadilan komutatif

Artinya adalah sebuah keadilan yang harus di berikan terhadap seseorang tanpa memandang jasa-jasanya /jabatan/kedudukannya.

Keadilan distributif

Keadilan ini merupakan suatu keadilan yang diberikan sesuai dengan jasa jasa yang diberikannya
Eg; seorang kariawan akan digaji sesuai dengan jenis pekerjaan dan jabatannya.

Keadilan kodrat alam

Maksudnya adalah suatu keadilan yang akan diberikan sesuai dengan apa yang telah ia perbuat
Eg; sesorang akan dihormati apabila ia menghormati orang lain.

Keadilan konvensational

Maskudnya adalah suatu keadilan yang ditetapkan oleh kekuasaan khusus (berbentuk peraturan)
Eg; setiap warga negara wajib mematuhi setiap peraturan yang telah diberlakukan

Keadilan perbaikan

Maksudnya adalah sebuah keadilan terhadap seseorang yang telah berbuat kesalahan dan berkeinginan untuk memperbaiki kesalahannya.

Misalnya: seorang yang telah mencemarkan nama baik seseorang dan dia berhak mengajukan permintaan maafnya terhadap orang yang telah ia cemarkan nah perlu teman ketahui teori keadilan menurut aristoteles ini mendapat dukungan dari prof.dr. Notoganoro, s.h , disisi lain beliau juga menambahkan satu lagi definisi keadilan yaitu keadilan legalitas, yang mana maksudnya adalah suatu keadilan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Keadilan menurut plato 

pengertian Keterbukaan, pengertian keterbukaan menurut para ahli, ciri2 keterbukaan, contoh keterbukaan dan keadilan, makna keterbukaan,
Menururt plato, Keadilan dapat dirumuskan atau dibedakan menjadi 2 yaitu :


1. Keadilan moral

Maksudnya adalah suatu keadilan yang mampu memberikan perlakuan seimbang terhadap hak dan kewajiban. (apabila itu benar ya benar, jangan yang benar malah dianggap salah)

2. Keadilan prosedural 

Adalah suatu perlaksanaan keadilan berdasarkan tata cara yang telah ditetapkan, misalnya kita ingin menghukum orang yang telah mencuri maka kita jangan main hakim sendiri tapi ikuti tata cara hukuman yang berlaku .

Nah apabila dikaitkan dengan sistem pemerintahan yang adil maka istilah ini mengacu pada keadilan sosial yaitu pemerintah harus menerapkan prinsip keadilan dalam menentukan kebijakannya di segala bidang. Seharusnya pemerintahan kita harus seperti ini agar penyelenggaraan di pemerintahaan kita bebas dari penyalahgunaan tangan orang yang tidak berperi kemanusiaan, setuju ngga?

Kalau saya sih setuju banget teman. Dengan adanya istilah ini juga masyakat jadi bisa berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintah sehingga tercipta rasa solidaritas antara pemerintah dengan masyarakat ya kan?

Oleh karna itu kita berdoa saja yah agar sistem pemerintahan di indonesia menjadi sitem pemerintahan yang terbuka dan adil ,amin ya allah. Mungkin sampai disini pembahasan kita, Sudah setengah jam saya ngetik , Semoga semua ini bermanfaat - Terima kasih

Bagikan ke FACEBOOK

TerkaitPengertian Keterbukaan dan Keadilan Serta Jenis dan Contoh ...