Saturday, March 4, 2017

Pengertian Limbah, Jenis-jenis Limbah dan Karakteristik limbah ...

Membahas seputar Pengertian Limbah, Jenis Jenis Limbah, Ciri Ciri Limbah, Karakteristik Limbah - Selamat Pagi,Siang, Sore, Malam Semuanya, Semoga Dalam Keadaan Baik Amin ya Robbal Alamin.

Di Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang limbah dan karakternya. Tapi Bukan hanya itu saja, Disini juga akan dibahas secara lengkap mengenai limbah b3, Jadi simak dan fahami dengan baik


Pengertian Limbah

jenis jenis limbah, karakteristik limbah, contoh limbah, macam macam limbah, pengertian limbah b3, pengelompokan limbah, jenis jenis limbah dan contohnya, sumber limbah, pengertian Limbah, limbah cair, limbah padat, limbah gas, limbah industri,
Limbah adalah bahan sisa dari aktifitas manusia dan mahluk hidup lain, limbah juga bisa berarti bahan sisa hasil produksi manusia ataupun bahan sisa yang hilang kegunaanya dari aslinya akibat aktifitas manusia, Artinya Suatu Barang Tersebut Tidak Mempunyai Manfaat Lagi.


Contohnya Sebuah Produk Air Minum Botol Aqua , Ketika Botol Aqua Tersebut Berisikan Air Maka Dia Masih Mempunyai Manfaat Yaitu Untuk Minum Akan Tetapi Jika Airnya Tidak Ada Dalam Botolnya ini Menandakan HIlangnya Manfaat Atau Fungsi Dari Aqua Itu Sehingga Yang Tersisa Hanya Botolnya.

Itulah Yang Dimaksud Dengan Limbah!

Lalu Bagaimana Dengan Sampah? Limbah Dan Sampah Merupakan Unsur Yang Sama Dan Bentuk Yang Sama Yaitu Suatu Benda Yang Tidak Mempunyai Nilai Pakai Lagi, Bedanya Jika Limbah Merupakan Sekelompok Sampah Atau Bisa Disebut Kalau Limbah Merupakan Sampah Yang Memiliki Ukurang Yang Besar (Banyak).

Banyak yang Mengatakan Limbah Dan Sampah Itu Saya Akan Tetapi Pada Dasarnya Sama Saja Karena Kedunya Mengarah Pada Aspek Hilangnya Suatu Fungsi Atau Nilai Guna Suatu Barang.

Jenis Jenis Limbah

Dalam Ilmu Perlimbahan, Limbah Di Bagi Menjadi Beberapa Kategori Yaitu Berdasarkan Proses Produksinya, limbah Berdasarkan Toksisitasnya, dan Limbah Berdasarkan Asalnya. Dan Untuk Lebih Jelasnya Silahkan LIhat Artikel Dibawah Ini

Limbah Berdasarkan Proses Prosuksinya

Untuk limbah berdasarkan proses produksi terbagi menjadi 3, Berikut pemaparannya

1. Limbah cair

Limbah cair Adalah Limbah Yang Berwujudkan Sebuah Cairan, Lalu Apa yang Menyebabkan Cairan Tersebut Dikatakan Limbah?. Kita Tau Arti Limbah Adalah Sebuah Bahan Sisa, Atau Bahan yang Hilang Dari Fungsi Dan Kegunaannya.

Ketika Benda Cair Tidak Berfungsi Dengan Layak (Tidak Sesuai Dengan Kegunannya) Saat Itu Pula Air Itu Dikatan Sebagai Limbah.

Contohnya adalah Air Sisa Setelah Mencuci Atau Disebut Sebagai Air Deterjen, Sebelum Digunakan Untuk Mencuci Air Itu Masih Belum Dikatakan Limbah Karena Masih Bersih Dan Bisa Digunakan Untuk Mencuci, Tapi setelah digunakan maka berubalah status air itu menjadi limbah

Contoh Lainnya Adalah Limbah Cair Hasil Produksi Pabrik Misal Pakrik tahu, Kerupuk Dan Lain Sebagainya, Contoh Lagi Minyak Bumi Yang Masuk Ke Perairan Sehingga Perairan menjadi Tercemar.

2. Limbah gas

Limbah gas adalah Limbah Yang Berbentuk Sebuah Gas, Gas Secara Luas Mencakup Segala Aspek Yaitu
  • Gas O2 (Oksigen) Adalah Bentuk Gas Tidak Berwarna Dan Tidak Berbau, Gas Yang Terbuat Dari Proses Fotosintetis Mahluk TUmbuhan HIjau.
  • Gas CO2,(Karbon Dioksida) Adalah Bentuk Gas Yang Mirip Dengan Gas Oksigen Yaitu Tidak Berwarna Dan Tidak Berbau, akan Tetapi Gas Ini Terbuat Dari Proses Pernafasan Mahluk Hidup (Manusia)
  • Gas S02, (Sulfur Dioksida) Adalah Bentuk Gas yang Tidak Berwarna Akan Tetapi Memiliki Bau yang Sangat Tajam Dan Menyengat
  • Gas Amoniak Adalah Gas Yang Tidak Berwarna Akan Tetapi Memiliki Bau (Bau Biasa Bisa Dibilang Kekuatan Bau Dibawah Kekuatan Bau Gas S02)
  • Gas Nitrogen Adalah Bentuk Gas Yang Yang Memiliki Warna Dan Juga Memiliki Bau
  • Gas Diakatakan Limbah Karena Hilang Dari Manfaatnya, Contohnya Adalah Oksigen, Oksigen Berguna Sebagai Alat Bernafas Manusia akan Tetapi Ketika Oksigen Telah Tercampur Dengan Asap Motor dan Asap Roko Maka Fungsi Oksigen Akan Berubah menjadi penyakit untuk manusia

BERHENTILAH MEROKOK, ROKOK MEMBUNUHMU SECARA PERLAHAN !!

3. Limbah padat

Limbah Pada Adalah Limbah Yang Mempunyai Bentuk Wujud, Sehingga Bisa Dilihat, Dipegang dan Dirasakan Beda Dengan Gas yang Tidak Berwujud, Tidak Bisa Dilihat Akan Tetapi Bisa Dirasakan.

Limbah Padat Merupakan Limbah Terbesar dan Merata Penyabarannya. Kita tau Negara Kita Merupakan Negara Yang Memiliki Penduduk Yang Sangat Luas Ini dikarnakan Indonesia Memiliki Berbagai Macam wilayah dalam Negaranya.

Sehubungan Dengan banyaknya Penduduk Maka Aktivitas Ekonomipun Menjadi Semakin Meningkat Dan Tidak Terkendali Lagi, Ditambah Dengan Insan Yang Tidak Bertanggung Jawab, Mereka Selalu Dan selalu Tidak Menyadari akan Pentingnya Lingkungan sehingga Mereka Membuang Sampah Sembarangan.

Contohnya adalah Kantong Plastik, Kantong Plastik Digunaka Untuk Membawa Barang Belanja Baik Sayuran, Bauh-Buahan, Bijian dan Hal lain Yang Sifatnya Tidak Bisa Ditampung Oleh 2 Telapak Tangan.

Setelah Kantong Plastik tersebut Digunakan Tentu Kantong Plastik Tersebut Dibuang Bukan? Nah Inilah Limbah Padat, Dan Saya rasa Tentang Limbah Padat Ini Tidak Perlu Saya Jelaskan Secara Luas Karena Saya Yakin Teman Sudah Mengerti :)

Limbah Berdasarkan Toksisitasnya (Racun)

Nah untuk limbarh berdasarkan kadar toksisitasnya terbagi menjadi dua, Berikut pemaparannya

A. Limbah B3 

Limbah B3 adalah limbah yang dapat menimbulkan Berbagai Macam Reaksi Apabila Kita Mengkonsumsi Dan Menggunakannya, Contoh Kegiatannya Adalah Menghirup,

Baca juga : Pengertian limbah b3 lengkap

Apabila Seseorang Menghirup Limbah Jenis Ini Maka Akan Terjadi Gangguan Pernafasan, Tersentuh Kulit, Apabila Seseorang Menyentuh Jenis Limbah Ini Maka Akan Mengakibatkan Iritasi Pada Kulit. Tersentuh Seluruh Organ Baik Organ Dalam Maupun Organ Luar, Apabila Seseorang Meyentuh atau Tersentuh Seluruh Bagian Organnya Maka Akan Mengalami Kematian

Bentuk Limbah Yang Dikatakan B3 adalah Limbah Yang Memiliki Sifat Racun, beracun Sendiri terjadi Oleh Banyak Sekali Faktor Karena Pada Dasarnya Limbah b3 Merupakan Limbah Normal (Semacam Limbah Biasa) Yang Di Campur Dengan Bahan Atau Zat Tertentu Yang Berbahaya. Dan Berikut Bahan Yang Termasuk B3
  • Benzena
  • Asam Sulfat
  • Sulfur Dioksida
  • Nitrogen Oksida
  • CO2

Dengan Pencamuran Zat Diatas, Limbah B3 Akan Mempunyai Sifat-sifat Tertentu Sehingga LimbahB3 Tersebut Menjadi Berbahaya, Diantaranya Adalah Memiliki Sifat Meledak dan Teratoginik.

B.Limbah non b3

Limbah non b3 adalah limbah yang tidak memiliki bahaya dan racun. Sehingga tidak menimbulkan dampak yang berbahaya bagi manusia Contohnya : sisa sayuran, dan juga daun yang jatuh dari pohonnya dan lain lain

Limbah Berdasarkan Asalnya

Kalo limbah berkategori asal dibagikan menjadi 3, Berikut pemaparannya

A. Limbah keluarga

Limbah keluarga adalah bahan sisa akibat aktivitas keluarga, yaitu sampah organik (samapah basah) dan anorganik (sampah kering) serta detergeen dan kotoran manusia.

B. Limbah pertanian

Limbah pertanian adalah bahan sisa akibat aktivitas pertanian Contohnya : sisa penggunaan pupuk ,obat-obatan pebunuh serang dll.

C.Limbah industri

Limbah yang berasal dari aktivitas produksi, limbah industri dapat menimbulkan beberapa hal, diantaranya :
  • Pencemaran air
  • Timbulnnya kematian organisme dalam air
  • Rusaknya ekosistem dalam air dan lain sebagainya

Lampiran terkait materi pengertian limbah dan jenisnya

Ada 2 Lampiran yang akan saya berikan, Semoga bisa menambah ilmu kalian

Limbah terbesar

  1. Limbah industri
  2. Limbah rumah sakit
  3. Limbah hotel
  4. Limbah pasar
  5. Limbah rumah sakit

Istilah Limbah

Berikut istilah istilah yang terkait dengan limbah :
  1. Garbage : limbah basah/organic
  2. Luges : limbah kering / anorganik
  3. Ases : limbah abu/gas

Cukup disini pembahasan kita pada kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara yang membaca pada umumnya dan khususnya bagi saya sendiri - Terima kasih
Bagikan ke FACEBOOK

TerkaitPengertian Limbah, Jenis-jenis Limbah dan Karakteristik limbah ...