Monday, October 16, 2017

Pengertian, Perbedaan dan Contoh Pelanggaran Ham Ringan dan Berat ...

Pengertian pelanggaran ham ringan dan berat, jenis jenis pelanggaran ham ringan dan berat, perbedaan pelanggaran ham ringan dan berat - Pelanggaran ham berat adalah pelanggaran yang dapat mengancam dan menghilangkan nyawa seseorang baik disengaja maupun tidak disengaja.

Yang identik pada nyawa saja itu yang dimaksud dengan pelanggaran berat.

Mungkin teman pernah mendengar kasus pembunuhan yang dilakukan seseorang terhadap orang lain. Baik itu kelompok dengan kelompok, individu dengan individu maupun individu dengan kelompok itu kasusnya sama yaitu pelanggaran berat.

Pelanggaranan berat sebenarnya terbagi menjadi dua, yaitu pelanggaran berat genosida dan pelanggaran berat manusia, Baik saya akan gambarkan secara mendetail disini.
contoh pelanggaran ham, pelanggaran ham berat, pelanggaran ham adalah, pelanggaran ham ringan, pelanggaran ham ringan dan berat, pelanggaran ham berat adalah, 3 pelanggaran ham berat

Pelanggaran ham kategori Berat

Baik, Sudah saya singgung pelanggaran ini terbagi menjadi 2 yaitu pelanggaran ham genosida dan pelanggaran berat manusia

Kalau pelanggaran genosida, Dia bertujuan untuk menghancurkan dan memusnahkan sebagian atau keseluruhan suatu kelompok. Sedangkan pelanggaran ham manusia sifatnya lebih ringan dan pelanggaran genosia (Isitilah lainnya adalah dibuli tapi berisiko terhadap nyawa melayang)

1. Pelanggaran Ham Genosida

Pelanggaran ham genosida adalah pelanggaran yang dilakukan seseorang untuk menghancurkan sebagian atau seluruh suatu kelompok, ras atau  golongan tertentu, 

Maksudnya kasus pelanggaran ham ini mengarah pada pemusnahan suatu kelompok,ras atau golongan tertentu entah karena tidak suka, mungkin juga karena tidak sefaham sehingga satu kelompok tersebut di musnahkan baik dengan cara dibunuh, pembantaian, penyiksaan dan lain sebagainya.

Pelanggaran genosida sangat berbahaya karena memang pelanggaran ini kaitannya dengan satu kelompok mungkin karena perbedaan unsur sehingga menimbulkan konflik antar kelompok yang berujung pada pemusnahan. Berikut kegiatan (pelanggaran) yang termasuk genosida
  • Membunuh suatu kelompok baik sebagian atau seluruhnya
  • Melakukan kekerasan baik fisik atau mental terhadap suatu kelompok
  • Berbuat sesuatu yang dapat memusnahkan suatu kelompok
  • Mencegah lagirnya generasi terhadap suatu kelompok

Contoh kasus pelanggaran ham genosida ini adalah :
  • Penganiyaan rakyat bosnia oleh pasukan zebra
  • Peperangan di gaza yang menewaskan banyak orang

Perlu diketahui pelanggaran genosida juga termasuk dalam pelanggaran internasional, sehingga pelanggaran genosida ini merupakan hal serius yang harus segera diatasi, 

Tapi nyatanya negara israel tidak habis-habisnya ingin memusnahkan negara palestina. Kita berdoa saja semoga ini tidak terjadi di negara kita. Karena memang menurut sejarah islam kota israel dan palestina memang akan selalu berperang sampai akhir zaman. 

Israel melakukan tersebut berdasarkan ustad abdul somad l.c beliau mengatakan bahwa alasan israel selalu menyerang negara palestina adalah karena mereka yakin bahwa akan datangnya mesias (penyelamat mereka) sehingga mereka ingin menguasa wilayah tersebut karena kalau belom maka mesias itu tidak datang, mesias yang dimaksud adalah dajjal.  

Wallahu a'lamu bissoab !
Kita sebagai hamba allah swt hanya bisa berdoa dan ber-ihtiyar serta menerima setulus hati atas qodo dan qodar yang allah swt sudah tentukan. 

2. Pelanggaran terhadap manusia

Pelanggaran ham terhadap manusia adalah pelanggaran yang dilakukan seseorang atau kelompok terhadap manusia, ini sering terjadi pada masyarakat sippil yang tertindas.

Pastinya menurut kalian pelanggaran ham yang satu ini sudah tidak asing lagi bukan, mungkin dilingkungan kita juga pernah terjadi hal demikian yaitu pembunuhan seseorang, pemaksaan seseorang, pemerkosaan seseorang nah semua itu termasuk pada pelanggaran terhadap manusia.

Dan berikut kegiatan (pelanggaran) yang termasuk ke dalam pelanggaran terhadap manusia adalah.
  • Pembunuhan
  • Perbudakan
  • Penyiksaan
  • Tindakan memaksa seseorang keluar dari wilayah yang di diaminya
  • Perampasan ham atau kemerdekaan seseorang yang dipandang melanggar
  • Pemerkosaan
  • Pelacuran secara paksa, perbudakan seksual, kehamilan secara paksa, pemandulan secara paksa
  • Penghilangan seseorang secara paksa

Contoh kasus pelanggaran ham berat terhadap manusia adalah
  • Penculikan anak sd
  • Tki asal brebes dianiaya majikan di singapura

Baik lanjut, jika diatas kita sudah mengetahui tentang pelanggaran ham berat, yang termasuk pelanggaran ham berat serta contohnya selanjutnya kita akan bahas tentang pelanggaran ham ringan, simak baik2 :

Pelanggaran Ham Kategori Ringan

Pelanggaran ham ringan adalah kebalikan dari pelanggaran ham berat, yaitu pelanggaran yang tidak mengancam dan menghilangkan nyawa seseorang, pelanggaran ini hanya bersifat kejahatan terhadap materi (umumnya) dan terhadap fisik akan tetapi tidak sampai mengancam atau menghilangkan nyawa seseorang, artinya tidak berkaitan dengan hilangnya nyawa seseorang.

Mungkin teman pernah mendengar seseorang telah diarampok atau telah di copet, Nah kasus itu adalah pelanggaran ham ringan tapi bagaimana jika kasus perampokan yang berujung pada hilangnya suatu nyawa seseorang, tentunya itu termasuk pada pelanggaran ham berat.

Contoh lainnya adalah pencemaran nama baik seseorang, di zaman sekarang-sekarang ini memang kasus ini (pencemaran nama baik) sangat sering terjadi apalagi dikalangan artis 

Meskipun hal itu sepele misalnya hanya memanggil orang dengan nama yang berbeda tapi apabila orang yang dipanggil nama itu tidak terima dan dia melapor maka saat itu pula terjadi perkara (pelanggaran) yang berujung pada persidangan.

Jadi untuk teman-teman semua harap berhati-hati, contoh lainnya adalah berantem, nah pastinya ini sering terjadi mungkin teman yang membaca artikel ini juga pernah berantem bukan? 

Di zaman sekarang ini meskipun kita sekedar memukul sedikit saja itu dikenakan pelanggaran ham apabila orang yang dipukul tidak terima.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, jika teman tidak mengerti atas penyampaian saya karena mungkin bahasa saya yang tidak dimengerti, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Mau kebaikan di setiap kehidupanmu? Kata ulama - min awwali khoir antatrukatssar "awal dari kebaikan adalah tinggalkan dosa" 

Misal kita berfikir ah saya ingin menikah maka tinggal dosa allah kasih jodoh, ah saya mau punya anak maka tinggalkan dosa allah kasih anak, ah saya mau pintar maka tinggalkan dosa allah kasih kecerdasan, ah saya ingin taat dalam beribadah maka tinggalkan dosa allah kasih semangat dalam beribadah.....

Min awwali khoir antatrukatssar (awal dari kebaikan adalah tinggalkan dosa" bagaimana caranya ? Caranya adalah dengan ber-instigfar (astagfirullahal a'dim)
Bagikan ke FACEBOOK

TerkaitPengertian, Perbedaan dan Contoh Pelanggaran Ham Ringan dan Berat ...