Saturday, January 12, 2019

Waktu Yang Tepat Untuk Belajar Berdasarkan Islam & Ilmu Sains

Hay teman, Selamat datang di siswaunggul.com. Kembali lagi dengan saya sarchiyah dan dikesempatan kali ini kita akan coba gali tips pintar seputar belajar dan kapan waktu yang tepat untuk belajar menurut sains dan Islam.

Tapi sebelum itu, Apakah salah satu kegiatan belajar dibawah adalah versi kamu teman?
  • Belajar diwaktu jam 20.00-24.00
  • Belajar Diwaktu jam 13.00-15.00
  • Belajar Diwaktu PAGI
  • Belajar Diwaktu Sore Hari
  • Belajar DIwaktu datangnya ujian

Jika iya, Kamu harus simak penjelasan berikut ini dengan sangat-sangat detail, Bila perlu sambil catat, Biar tidak lupa ^^
Waktu Terbaik Belajar, Waktu Yang Tepat Untuk Belajar, Waktu Paling Cocok untuk Belajar
Perhatian : Budayakan membaca dari awal sampai akhir, Karena dengan begitu, Pintu pemahaman itu terbuka lebar. Setuju ya?

1. Waktu belajar yang tepat menurut sains

Nah, Yang pertama kita akan coba jabarkan kapan waktu yang tepat untuk belajar menurut sains. Dan berikut pemaparannya,

"Dari hasil sebuah penelitian universitas california lost angles yang meneliti tentang ke-efektifitasan belajar dimalam hari, Profesor sikietri dan ilmu geofbi heferial dari universitas ini melakukan penelitian yang melibatkan 553 siswa dari sekolah menengah keatas (SMA) lose angles,

Kemudian, 553 siswa itu diberi buku harian dengan tujuan, Agar sang profesor dan universitas itu mengetahui berapa banyak waktu yang telah mereka dihabiskan untuk belajar, Tidur, Serta masalah akademik (Proses Belajar) yang akan dihasilkan dari aktivitas belajarnya.

Hasilnya, Penelitian itu mengungkapkan bahwa ketika siswa mendapatkan waktu tidur yang cukup maka ada masalah akademik setiap 3 Harinya. Namun ketika siswa tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, Ternyata mereka memiliki lebih dari 3 masalah akademik setiap harinya dan parahnya, Ketika seorang pelajar tidak mendapat asupan tidur yang optimal, Mereka akan kesulitan untuk memahami mata pelajaran dan menjawab soal ujian disekolah".

Nah, Sekarang sudah jelaskan teman. Jadi, Benahi lagi jadwal belajarmu, Jangan sampai belajar yang seharunya berdampak baik malah berdampak buruk untukmu teman.

Dan ingat. Belajar malam itu boleh, Tapi jangan sampai belajar malam itu berlangsung sampai larut malam, Setuju ya.

2. Waktu Belajar Yang Tepat Menurut Islam

Nah, Sekarang kita akan coba gali lebih jauh lagi mengenai kapan waktu terbaik untuk belajar. Jika tadi menurut sains sekarang kita beralih menurut islam dan insya allah ini adalah solusinya.

Coba teman lihat hadist yang diriwayatkan oleh Abu Bakar R.a dari Rosulullah Saw berikut ini
"Tidaklah suatu kaum berkumpul disalah satu rumah Allah Swt, Membaca kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya, Melainkan Akan turun kepada mereka sakinah (Ketenangan), Akan dinaungan Rahmat, Akan dikelilingi malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka disisi mahluk yang dimuliakan disisi-nya". (HR. Muslim, No.2699)
Berdasarkan hadist diatas, Waktu yang terjadi adalah "Subuh" Atau pagi. Sehingga dalam islam, Waktu pagi adalah waktu yang sangat baik untuk memulai aktivitas teruntuk dalam aktivitas belajar.

Bukan hanya itu, Waktu pagi juga merupakan waktu yang penuh dengan kebaikan dan keberkahan. Yah, Keberkahan yang terangkum dalam DOA Rosulullah Saw berikut ini
Ya Allah, Berkatilah Umatku Diwaktu Paginya.
Nah, Sekarang sudah jelaskan teman. Jadi, Susunlah kembali jadwal belajar teman, Rubah dan perbaiki, Serta jadwalkan sebaik mungkin belajar teman mulai dari sekarang berdasarkan pernyataan diatas. Kalo bingung cara nyusunnya, Baca kesimpulan dan solusi mengenai kapan waktu belajar yang baik berikut ini

Terkait : Terungkap, Ini dia Manfaat luar biasa membaca alquran.

Kesimpulan dan Solusi Belajar

Saya yakin teman agak kebingungan dalam mengatur jadwal belajar setelah melihat pernyataan diatas. Benar? Tapi Tenang teman, Disini saya akan coba kasih Jadwal belajar yang efektif berdasarkan pernyataan sains dan islam diatas. Silahkan teman simak berikut ini

Pertama, Belajar diwaktu libur

Nah, Ini harus teman lakukan. Jika sekiranya teman tidak sanggup untuk belajar setelah pulang karena KBM sekarang sampai sore (Full Day), Maka gunakan sebagian waktu libur yang teman miliki untuk belajar,

Tapi Jangan sampai juga teman memaksakan untuk terus belajar apabila waktu yang teman miliki terlalu padat (Misalnya pergi pagi, Lalu pulang malam). Oleh karena itu, Memanfaatkan waktu libur adalah pilihan yang sangat pintar


Kedua, Awal malam

Sekali lagi, Belajar diwaktu malam itu boleh, Dengan catatan teman tidak memaksakan diri untuk lebih larut malam lagi dalam belajar.

Nah, Masalah kasus kemaleman dalam belajar pernah saya alami teman, Dimana ketika saya asyik sekali dengan belajar saya, Sampai-sampai saya tidak tau lagi kapan waktu beristirahat dan kapan waktu beraktivitas,

Ini juga biasanya terjadi bagi teman yang esok harinya mau melakukan ujian. Benar? Yah, Kebanyakan siswa begitu dan itu sangat buruk sekali untuk kesehatan dan intelektual mereka.

Jadi solusinya, Silahkan teman belajar dari jam 08.00PM - 09.30PM, Jangan dilebihkan, Karena apabila kita melalui waktu itu, Energi tubuh akan berkurang dan sistem kekebalan tubuh akan menurun, dan itu kurang baik untuk kesehatan dan intelektual teman semuanya. Jadi, Paksakan diri untuk tidak melebih waktu diatas dalam belajar yah teman.

Ketiga, Awal pagi

Nah ini rekomendasi banget untuk teman sebagaimana yang telah disebutkan pada hadist diatas bahwa waktu pagi adalah waktu yang terbaik untuk beraktivitas dan itu sangat cocok sekali untuk belajar.

Lalu gimana penerapan jadwal belajarnya?

Nah, Untuk waktu belajar dipagi hari ini, Teman harus bangun diawal waktu yaitu jam 04.00 - 05.30 (Setelah sholat subuh).

Selanjutnya, Silahkan selesaikan semua aktivitas, Kalo perempuan biasa nyuci piring atau beresin lantai mungkin... Nah, Ketika aktivitas itu selesai, Misal di jam 06.00, Maka gunakan waktu itu untuk belajar selama 15 Menit saja, Silahkan teman ingat-ingat kembali mengenai apa saja yang pernah disampai guru teman di 15 menit ini.

Setelah 15 menit telah usai, Baru deh teman beres-beres, Mandi, Dan berangkat kesekolah...

Ending.

Gimana? Sudah jelas sampai disini yah teman ^-^

Sebenarnya, Mengenai jadwal belajar untuk tingkat SMP dan SMA telah saya bahas lengkap di ebook "7 Rahasia Meraih Ranking 1". Bukan hanya itu, Di ebook itu juga telah saya bahas secara lengkap mengenai metode dan kiat-kiat yang harus lakukan untuk meriah ranking 1 dengan sangat mudah.


7 Rahasia Meraih Ranking 1

Nah, Bagi teman yang ingin mendapatkan ebook tersebut, Silahkan klik Ya, Saya mau dibawah ini. Pastikan kamu dapatkan EBOOK ini sebelum pendistribusiannya kami STOP


#Selamat belajar teman - Sarchiyah
Bagikan ke FACEBOOK

TerkaitWaktu Yang Tepat Untuk Belajar Berdasarkan Islam & Ilmu Sains

0 komentar:

Post a Comment