Tuesday, February 5, 2019

Pengertian Akuntansi/Accounting Lengkap

Apakah teman sedang mencari arti accounting atau akuntansi? jika ia saya rasa website ini sangat cocok untuk teman simak.

Selamat Datang diwebsite siswaunggul.com yang mana artikel unggulan kami salah satunya adalah membahas myob atau akuntansi. Mungkin sebelumnya kita telah membahas sedikit tentang topik yang berkaitan dengan ini, mulai dari cara menggunakan aplikasi myob, Pengertian software myob accounting dan sekarang kita akan coba bahas lebih detail lagi mengenai akuntansi.

Kita akan mulai pembahas kali ini dengan pertanyaan berikut, Akuntansi Berasal dari bahasa apa? Nah akuntansi sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu accounting yang kalo diartikan dalam bahasa indonesia adalah akuntansi atau laporan keuangan.

Memang accounting itu apa? sederhananya accounting adalah kegiatan mencatat, menganalisa, mengolah dan menyajikan data (data yang dimaksud adalah data transaksi) dari suatu kegiatan yang berhubungan dengan keuangan yang kemudian disusun sedemikian rupa dalam format yang sudah tersedia sebagai bentuk hasil dari apa yang telah terjadi pada kegiatan kegiatan tersebut.

Dengan akuntansi kita bisa mengetahui besarnya jumlah  keluar dan jumlah yang secara terinci dari masing masing kegiatan keuangan yang berjalan diperusahaan tersebut, bukan hanya itu dengan penggunaan akuntansi juga perusahaan dapat mengatasi permasalahan permasalahan yang terjadi, baik berupa kesalahan atau kekeliruan yang dilakukan oleh pihak pengelola maupun oleh pihak perusahaan itu sendiri dalam urusan keuangan.
pengertian akuntansi, accounting itu apa, apa itu accounting, arti accounting, pengertian accounting
Begitu banyak sekali manfaat yang diperoleh dari penerapan akuntansi ini khususnya dalam membuat laporan keuangan perusahaan, kita tau bahwa perusahaan akan membuat myob accounting (Laporan keuangan) setiap akhir periode untuk menentukan berapa keluaran dan masukan yang diterima serta laba atau rugi yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut, oleh karenanya ilmu akuntansi sangat diperlukan.

Oh ya perlu diketahui bahwa orang yeng mengoperasikan atau bekerja dibagian akuntansi disebut dengan "Accountan", jadi jika teman ditanya tentang sebutan orang yang bekerja dibagian akuntansi jawabannya adalah "Accountan"

Fungsi dasar dari akuntasi sendiri adalah untuk memberikan sebuah informasi yang berkaitan dengan keuangan baik suatu instansi maupun perusahaan. Akuntansi akan menerangkan secara lengkap mengenai kondisi keuangan yang sedang terjadi mulai dari penerimaan, pengeluaran, dan hal lain yang tak terduga mulai dari awal bulan sampai dengan akhir bulan (bulan penutupan buku) yang kemudian data ini sangat dibutuhkan oleh pihak manager.

Laporan yang harus dibuat Oleh Seorang akuntan adalah laporan keuangan, laporan keuangan terbagi menjadi 3 yaitu laporan laba dan rugi, laporan perubahan modal dan laporan neraca adapun laporan pembantunya adalah jurnal khusus (jurnal penjualan, jurnal pembelian, jurnal penerimaan, jurnal pengeluaran dan jurnal umum), adapaun laporan untuk menutup semua jurnal yang saya sebutkan diatas adalah jurnal penutup dan post penutup setelah penyesuaian.

Saya rasa teman akuntan tau tentang laporan dasar yang ada di akuntansi jadi saya tidak akan bahasnya secara menyeluruh yah teman, jika memang teman masih newbie dalam bidang akuntansi silahkan teman cari artikel tentang akuntansi secara menyeluruh diwebsite ini, temukan dengan mengklik menu akuntansi di bagian nav website dan saya juga menyediakan pembelajaran seputar myob secara lengkap di artikel ini

Orang yang memerlukan akuntansi (Laporan keuangan)

Orang yang memerlukan akuntansi terbagi menjadi 2 kategori dasar, yang pertama adalah pihak internal dan yang kedua adalah pihak eksternal

1. Pihak Internal

Pihak internal adalah pihak yang terpampang di bagan struktur instansi atau perusahaan atau yang disebut dengan Manajemen, dia adalah pihak atau orang yang memanager dan menganalisa tentang laporan yang dibuat oleh seorang akuntan yang kemudian dijadikan sebagai alat untuk merealisasi tentang kesalahan atau kekurangan yang terjadi pada perusahaannya, bisa dibilang sebagai bahan renovasi untuk menjadi lebih baik lagi.

2. Pihak Eksternal

Pihak yang kedua adalah pihak ekternal, pihak ini disebut pihak yang berasal dari luar organisasi. Pihak ini juga disebut sebagai pihak kedua yang tidak memiliki keterkaitan secara khusus dengan perusahaan pembuat laporan keuangan, hal yang akan dilakukan oleh pihak eksternal menganalisa tentang baik atau tidaknya laporan yang dibuat, biasanya pihak kedua adalah relasi atau lembaga lain yang memiliki maksud dan tujuan tertentu

Untuk lebih jelasnya mengenai pihak ini silahkan baca berikut ini

Investor
Investor membutuhkan informasi keuangan perusahaan untuk menentukan apakah akan menanamkan modalnya atau tidak. Jika dalam prediksi investor akan memberikan keuntungan yang baik, maka investor akan menyetorkan modal ke perusahaan, dan begitu juga sebaliknya.

Pemegang saham
Para pemilik perusahaan yang mempunyai bagian saham perusahaan membutuhkan informasi keuangan perusahaan untuk dapat mengetahui sejauh mana kemajuan atau kemunduran yang dialami perusahaan. Pemegang saham akan mendapatkan keuntungan dari dividen yang akan semakin besar jika perusahaan untung besar.

Pemerintah
Besarnya pajak yang harus dibayarkan perusahaan atau organisasi kepada pemerintah sebagaian besar berdasarkan atas informasi pada laporan keuangan perusahaan.

Kreditur
Jika perusahaan sedang terdesak dan membutuhkan dana segar perusahaan mungkin akan meminjam uang pada kreditor seperti meminjam uang di bank, berhutang barang pada supplyer / pemasok. Kreditur akan memberikan dana jika perusahaan memiliki kondisi keuangan yang baik dan tidak akan memiliki potensi yang besar untuk merugi.

Pihak Lainnya
Sebenarnya masih banyak pihak lain dari luar perusahaan perusahaan yang mungkin saja akan menggunakan laporan / informasi akuntansi suatu organisasi seperti para karyawan, serikat pekerja, auditor akuntan publik, polisi, pelajar / mahasiswa, wartawan, dan banyak lagi lainnya.

Nah mungkin hanya disini pembahsan kita kali ini, #Selamat belajar
Bagikan ke FACEBOOK

TerkaitPengertian Akuntansi/Accounting Lengkap