Monday, January 29, 2018

Pengertian Internet, Fungsi, Manfaat dan Sejarah internet

Membahas seputar hal yang berkaitan dengan Pengertian dan manfaat internet serta fungsi dan sejarahnya - Istilah internet merupakan singkatan dari kata "Interconnection Networking" , Kepanjangan Internet itu Kalau dijabarkan memiliki arti Penghubungan antar jaringan jaringan.

Lalu apa yang dimaksud dengan internet? Pengertian internet adalah gabungan atau perpaduan dari masing masing jaringan komputer di dunia yang saling terhubung satu sama lain yang kemudian membentuk sebuah sistem informasi dan komunikasi secara global (Mendunia) melalui jaringan tersebut.
Sederhananya internet berarti sebuah jaringan jaringan yang saling terhubung. Proses terhubungnya komputer dilakukan dengan menggunakan suatu standar sistem global transmission control protocol/internet protocol suite atau bisa kita sebut dengan nama TCP/IP.

Berdasarkan sejarah internet, istilah TCP/IP merupakan awal mula terbentuknya sebuah jaringan internet dan sekaligus menjadi faktor berkembangnya jaringan internet sehingga bisa kita nikmati sampai sekarang ini.

Itu semua terjadi karena TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol suite) bisa menyatukan beberapa sistem jaringan komputer yang berbeda, dengan disatukannya jaringan yang berbeda tersebut akan ada proses saling terhubung sehingga masing masing jaringan bisa mengakses satu sama lain.

Perlu diketahui dalam internet ada 2 jenis komputer yang berperang penting dalam penyebaran informasi yaitu komputer server dan komputer client

Komputer server adalah Komputer yang digunakan untuk menyediakan informasi informasi yang kemudian bisa diakses oleh komputer lain yang berada diwilayahnya (client) sedangkan komputer client adalah komputer yang digunakan untuk mengambil dan mengakses informasi informasi yang disediakan oleh komputer server.

Dengan adanya komputer tersebut maka terjadilah proses akses dari masing masing jaringan komputer.

Fungsi

Fungsi internet pertama kali adalah untuk melakukan proses komunikasi dan sekaligus sebagai alat pemantau akan serangan serangan yang terjadi dinegara amerika serikat karena memang ditahun 1969 merupakan tahun tahun dimana banyak sekali negara yang melakukan agresi militer sehingga untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dan sebagai benteng pertahanan maka dibentuklah arpanet yang akhirnya menjadi internet.

Tapi sekarang ini internet bukan hanya digunakan untuk keperluan militer saja tapi lebih dari itu dan lebih dari yang dibayangkan, internet sekarang sudah menjadi kebutuhan manusia yang wajib dipenuhi dan bisa menjadi makanan sehari hari manusia, hehe.

Sekarang internet bukan hanya sebagai penyalur informasi tapi juga bisa digunakan sebagai alat penghasil uang dan pintu terbukanya peluang kerja yang sangat besar dan bahkan menjadi pintu terbukanya tindak kejahatan,

Banyak sekali kasus kasus kejahatan yang terjadi melalu internet. Keluar masuknya budanya juga sebagai pemicu perselisihan dan Hilangnya moral manusia semua ini disebabkan oleh INTERNET

Yang salah dari kita adalah lebih cenderung untuk memanfaatkan sesuatu yang bermanfaat kearah negatif bukan kearah positif. Dan Untuk fungsi dasar dari internet itu sendiri adalah sebagai berikut:

  • Berfungsi sebegai media komunikasi secara global 
  • berfungsi sebagai media penyalur informasi 
  • Sebagai salah satu tempat untuk mencari informasi
  • Sebagai alat untuk mencari peluang kerja 


Manfaat 

Mungkin Untuk Manfaat tidak akan Saya bahas panjang lebar karena memang manfaat dari internet sendiri sudah tidak bisa ditaksir lagi, tapi mungkin akan saya sebutkan diantaranya yaitu sebagai berikut:
1. Mudahnya berkomunikasi
Dengan adanya internet proses komunikasi menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. Mungkin zaman dulu seseorang susah payah untuk menyampaikan informasi dari satu orang keorang lain mulai dari penggunaan kertas bertulis dan penyampaian informasi secara manual ke orang yang kita tuju, tapi sekarang proses penyampaian informasi dan komunikasi bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus berpindah tempat

2. Dapat menambah wawasan serta pengetahuan
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dengan membuka internet kita bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang sangat luas dan semua itu bisa teman dapatkan dengan cara yang sangat mudah, tinggal klik cari apa yang ingin teman cari dan sekejap semua itu bisa teman miliki

3. Membuka peluang kerja
Di sekarang ini kegunaan internet bukan hanya sekedar mencari informasi tapi juga sebagai pintu terbukanya peluang kerja contohnya saja adalah blogger, youtuber, survei dan lain sebagainya.

Tergantung dari kitanya untuk mencari atau tidak dan mau berusaha atau tidak. Dan bagi Teman yang masih menjalani jenjang pendidikan pekerjaan yang paling cocok adalah sebagai blogger/ youtuber menurut saya pribadi karena saya juga masih seorang siswa SMK :)

4. Alat Bisnis
Meluasnya penyebaran internet bisa memancing para SEO suatu barang untuk menjual produknya. Semakin meluasnya Jangkawan maka semakin banyak pula orang yang bisa mengaksesnya

5. Sebagai Media hiburan
Sudah tidak Pasti jika internet dijadikan sebagai media hiburan, ini dikarenakan internet memuat banyak sekali peristiwa dan hal hal yang bisa membuat seseorang senang dan gembira. Dan faktanya seseorang lebih condong ke internet dari pada ke tempat lain untuk mendapatkan hiburan yang dia tuju.

Sejarah dan Perkembangan internet

Sejarah awal berdirinya internet bisa dikatakan sebagai kegiatan yang melenceng dari kaidah target pasalnya internet pertama kali diciptakan bukan untuk aktivitas seperti sekarang ini tapi untuk aktivitas yang bersangkutan dengan perang angkatan militer amerika serikat.

Saat itu angkatan perang militer as kebingungan dan kesusahan untuk berkomunikasi antara satu anggota militer dengan anggota yang lain serta ancaman perang dari negara lain, nah untuk mengatasi itu kemudian as menciptakan alat yang bisa berkomunikasi meskipun dengan  jarak komunikasi yang dekat.

Nah dari kejadian itulah negara as melihat potensi yang diperoleh dan berupaya untuk mengembangkannya dengan membentuk proyek jaringan di departemen pertahanan amerika serikat, proyek ini dibentuk pada tahun 1969 yang khusus digunakan untuk membentuk jaringan yang bisa digunakan sebagai alat komunikasi sehingga dengan cara ini negara as bisa mengetahui tentang bahaya yang akan terjadi dinegaranya

yang dimaksud dengan internet, internet adalah singkatan dari, internet kepanjangan dari, internet merupakan singkatan dari, jelaskan sejarah internet, pengertian jaringan internet, yang dimaksud dengan internet, jelaskan yang dimaksud internet, sejarah internet secara umum

Sayangnya proyek arpanet hanya bisa mencakup wilayah tertentu saja dengan total penghubung jaringan sebanyak 4 buah situs (tidak mencakup wilayah yang luas), Ternyata dari kejadian tersebut seorang warga negara amerika yang bernama Leonard Keinrock berhasil menemukan TCP/IP dan ini merupakan awal mula terbentuknya sebuah jaringan internet.

Dengan ditemukannya TCP/IP ternyata bisa memperluas jaringan ke cakupan yang lebih luas dari sebelumnya yang hanya bisa menghubungkan 4 buah situs saja, bahkan bisa mendunia.

Tapi dengan meluasnya jaringan ternyata bisa menyebabkan kesulitan kinerja pasalnya banyak universitas yan ingin masuk dan menikmati informasi yang ada didalamnya. dari kejadian itu akhirnya negara as memisahkan arpanet menjadi 2 kategori, kategori pertama disebut MILNET yang mana milnet ini hanya digunakan untuk keperluan militer angkatan perang dan kategori kedua disebut ARPANET yang digunakan untuk keperluan non-militer

Semakin kesini ternyata as berhasil menggabungkan milnet dan arpanet menjadi satu yang kemudian disebut dengan istilah  DARPA INTERNET yang kemudian di perkecil lagi maknanya menjadi INTERNET.

Nah Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf yah :)
Bagikan ke FACEBOOK

TerkaitPengertian Internet, Fungsi, Manfaat dan Sejarah internet