Monday, March 5, 2018

4 Faktor Pembentuk Stratifikasi Sosial Lengkap

Assalamualaikum - Pembahasan lengkap mengenai faktor pembentuk stratifikasi sosial, Materi ini saya ambil dari buku catatan yang saya miliki ketika belajar dibangku smk tepatnya dikelas XI.

Mungkin sebelum kemateri ini teman telah diajarkan tentang pengertian stratifikasi sosial, Dan sebagai perluasan materi tentang itu silahkan kunjungi (Pengertian stratifikasi sosial, Faktor, Sifat dan Funsinya)

Diartikel ini merupakan penjelasan lebih luas dari materi yang telah saya bahas sebelumnya.

Mungkin materi ini cukup sederhana karena memuat 4 faktor saja dan saya rasa empat faktor ini juga sangat mudah untuk difahami. Tapi saya tidak berfikir demikian,

Saya selalu berharap apa yang saya sampaikan bisa dibaca dan berguna bagi yang membaca khususnya saya pribadi sebagai penulis 😊

Alangkah baiknya sebelum memulai ke topik kita tau lebih dahulu dasarnya, Dan dasar dari materi kali ini adalah stratifikasi.

Yang dimaksud dengan stratifikasi adalah susunan atau lapisan masyarakat berdasarkan tingkatan kelas dan kedudukannya didalam masyarakat.

Lapisan berarti berbentuk vertikal artinya ada yang memiliki tingkatan atas dan ada yang memiliki tingkatan bawah.

Nah kenapa itu bisa terjadi?

Kenapa dalam kehidupan kita ada pembagian atau pelapisan seperti ini dan apa fungsinya?

Kesimpulan dari adanya pelapisan masyarakat adalah agar masyarakat dapat saling mengetahui kedudukannya masing-masing, Dengan mengetahui kedudukan atau status yang dimiliki tersebut akhirnya kita dapat menilai baik dan buruknya.

Tentunya jika kita tau kedudukan dari masing-masing orang maka perilaku yang diterapkan pada orang tersebut juga berbeda.

Contohnya dilingkungan masyarakat kita ada yang berstatus ustadz, Dia akan dperlakukan lebih dari masyarakat biasa. Saya sering melihat seseorang yang memiliki status ustadz lebih diistimewakan, Hal itu terjadi karena ustadz memiliki ilmu yang bermanfaat yang diberikan kepada masyarakatnya (Ini adalah salah satu faktor penyebab stratifikasi sosial).

Nah itulah pentingnya stratifikasi (Menurut saya pribadi  😊)

Nah, Jika teman sudah mengerti arti dari stratifikasi itu sendiri, Selanjutny kita masuk ke inti pembahasan

Faktor pembentuk stratifikasi sosial

Faktor ini terbagi menjadi 4 bagian yaitu faktor pembentuk stratifikasi sosial kekayaan, Kekuasaan, Keturunan, dan Kepandaian. Baik mari kita bahas satu persatu.

1. Faktor kekayaan


faktor pembentuk stratifikasi sosial kekayaan, faktor penyebab stratifikasi sosial, faktor yang mempengaruhi stratifikasi sosial
Ilustrasi Seseorang yang mempunyai kekayaan

Mengapa Kaya bisa mempengaruhi kelas seseorang? Kebanyakan dari kita sangat menghargai orang kaya karena faktor berikut :
1. Memiliki properti yang mewah
2. Suka memberi kepada halayak orang
3. Suka mengadakan acara besar-besaran sehingga banyak orang mendapatkan manfaat dari acara tersebut
4. Kagum dengan jumlah uang dan properti yang dimiliki

Nah itu adalah 4 faktor kenapa orang kaya banyak dihargai orang. Tapi bagaimana jika orang kaya itu pelit? Nah ini beda lagi kasusnya.

Bagaimanapun Kondisinya mau dia pelit atau dermawan kenyataanya banyak yang menghargai orang kaya karena memang dia terangkat oleh status kaya yang dia miliki bukan karena fisik atau sifat yang ia miliki.

2. Faktor kekuasaan


faktor pembentuk stratifikasi sosial kekayaan, faktor penyebab stratifikasi sosial, faktor yang mempengaruhi stratifikasi sosial
Ilustrasi Seseorang yang punya Kekuasaan

Nah faktor yang kedua adalah kekuasaan. Arti kekuasaan adalah memiliki dan menguasai.

Orang yang memiliki kekuasaan berarti dia yang mempunyai kendali dan wewenang, Nah karena kendali dan wewenang ini dia memiliki lapisan tinggi didalam lingkungan masyarakatnya,

Contohnya adalah seorang bupati, Presiden, Rt, Rw dan bahkan seroang bapak dari anak-anaknya.

3. Faktor keturunan


Ilustrasi Gender

Faktor ini terjadi secara spontan dan tidak bisa direkayasa beda dengan kekayaan dan kekuasaan yang harus memasuki fase-fase tertentu untuk menggapainya.

Keturunan yang dimaksud adalah keturunan darah biru (Orang Ningrat) biasa ini terjadi pada wilayah yang memiliki sistem kasta, Artinya yang memiliki status paling tinggi adalah golongan darah biru dan akan berlaku seterusnya sampai keturunan yang dia miliki

Dia (darah biru) tidak akan berubah lapisan dari yang tadinya upper menjadi lower atau sebaliknya.

4. Kepandaian


Ilustrasi Orang Pintar

Nah faktor yang terakhir adalah kepandaian, Kok Bisa 😌?

Mungkin pernah saya singgung tentang kepandaian ini contohnya adalah seorang ustadz.

Ketika seseorang mempunyai ilmu sudah dipastikan dia akan memiliki derajat yang tinggi, Ini juga sesuai dengan firman Allah dalam Surah Al-Araf kalo Nggak salah, Dan ternyata itu benar

Banyak dari kita yang melihat ketika ada seseorang yang diundang entah itu seorang ustadz atau motivator maka dia akan diberi uang dan dihindangkan dengan jamuan yang banyak benar bukan 😏😏?

Nah itu dilakukan karena mereka mempunyai derajat atau lapisan yang tinggi didalam masyarakat.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, Kurang dan lebihnya saya mohon maaf. - Wassalamualaikum
Bagikan ke FACEBOOK

Terkait4 Faktor Pembentuk Stratifikasi Sosial Lengkap

0 komentar:

Post a Comment