Friday, March 23, 2018

Pengertian Gemeinschaft dan Gesellschaft Lengkap

Pembahasan lengkap mengenai pengertian, Perbedaan gemeinschaft dan gesellschaft menurut tonnies serta contohnya. Silahkan teman simak dan fahami dengan baik

Perbedaan dan pengertian gemeinschaft dan gesellschaft telah diungkapkan oleh seorang ahli bernama tonnies. Dan berikut penjelasannya

1. Pengertian Gemeinschaft
Apa Yang dimaksud dengan gemeinschaft? gemeinschaft adalah istilah yang memiliki arti kehidupan berhubungan antara satu manusia dengan manusia yang lain yang diikat dengan ikatan batin murni dari kedua belah pihak yang terkait dan berlangsung selama-lamanya.

Sederhananya begini : Ada 2 orang atau sekelompok manusia yang saling mengenal satu sama lain, Akan tetapi perkenalan yang terjadi diantara mereka bukan hanya sekedar teman atau rekan biasa akan tetapi lebih dari itu

Kedua orang itu mempunyai rasa Cinta dan simpati yang tinggi yang muncul secara spontan dan telah ditakdirkan untuk mempunyai rasa cinta dan simpati yang tinggi tersebut.

Sifat tersebut muncul secara spontan dan akan seterusnya sifat tersebut melekat dalam dirinya.

Contoh dari istilah ini adalah seorang ayah dan anaknya. Seorang ayah akan mempunyai rasa cinta, kasih sayang dan simpati yang sangat tinggi kepada anaknya dan ini terjadi secara alamiyah (Kodrat) Tanpa ada rekayasa.

Perlu teman ketahui Dalam study kita istilah gemeinschaft sering juga disebut dengan nama "Paguyuban"

Paguyuban merupakan istilah lain yang sering digunakan untuk mengartikan seseorang yang mempunyai hubungan (Ikatan) dengan cinta dan kasih sayang yang besar dan berlangsung secara alamiyah bukan hasil rekayasa.

Dan kerennya lagi cinta dan kasih sayang yang besar ini akan seterusnya ada sampai mereka meninggal sekalipun. Nah telah saya beritahukan contohnya dari istilah ini yaitu seorang ayah kepada anaknya, Contoh lain adalah seorang ibu kepada anaknya, Seorang kakek kepada cucunya dan seorang nenek pada cucunya.

Semua hubungan itu berlangsung secara spontan dan alami tanpa ada paksa maupun rekayasa, Nah ini yang dimaksud dengan gemeinschaft.

Tambahan Ilmu :
Istilah gemeinschaft juga berkaitan erat dengan solidaritas mekanik, Yang dimaksud dengan solidaritas mekanik adalah hubungan seseorang yang terjadi atas kemauan sendiri tanpa ada paksa baik dari luar maupun dari diri seseorang tersebut.

Contohnya adalah ibu-ibu pengajian, Acara keluarga besar, Majlis ta'lim dan hal lain yang sifatnya natural

perbedaan gemeinschaft dan gesellschaft menurut tonnies, pengertian gemeinschaft dan gesellschaft menurut tonnies, pengertian gemeinschaft dan gesellschaft, pengertian gemeinschaft , pengertian gesellschaft, pengertian paguyuban, pengertian patembayan
Ilustrasi acara keluarga besar from : Google

2. Pengertian Gesellschaft

Lalu apa yang dimaksud dengan gesellschaft? Sebenarnya pengertian dari istilah ini tidak jauh beda dengan pengertian istilah yang pertama "Gemeinschaft" bedanya terletak pada tingkatan hubungan yang dilakukan.

Jika gemeinschaft mempunyai hubungan batin akan tetapi gesellschaft tidak ada hubungan batin, Hubungan yang dilakukan cuma sekedar teman biasa dan bisa dibilang hubungan ini cuma mampir kemudian hilang entah kemana.

Nah bisa ditarik kesimpulan bahwa pengetian gesellschaft adalah kehidupan berhubungan antara satu manusia dengan manusia yang lain yang diikat dengan lahir dengan jangka waktu yang pendek dan bisa dibilang hanya sebuah angan-angan (Khayalan)

Lebih sederhananya yang dimaksud gesellschaft adalag kegiatan berhubungan yang memiliki jangka waktu yang dekat.

Jika dalam istilah Gemeinscaft disebut juga dengan nama paguyuban, Nah di istilah gesellschaft juga ada nama lain yaitu "Patembayan"

Istilah ini sering disebut untuk mengungkapkan seseorang yang saling berhubungan dalam jangka waktu yang sedikit.

Contoh dari istilah ini adalah penonton sepak bola.

perbedaan gemeinschaft dan gesellschaft menurut tonnies, pengertian gemeinschaft dan gesellschaft menurut tonnies, pengertian gemeinschaft dan gesellschaft, pengertian gemeinschaft , pengertian gesellschaft, pengertian paguyuban, pengertian patembayan
Ilustrasi Penonton sepak bola from : Google

Ketika seorang penonton sepokbola bergabung dalam satu stadion, Mereka akan mempunyai pemikiran yang sama dan saling mendukung satu sama lain untuk memberikan Doa dan semangat kepada team sepakbola yang ia dukung.

Mereka akan kompak untuk memberikan semangat kepada team yang didukungnya baik dengan memukulkan drum atau hal lain yang memberikan suara yang kemudian suara itu didengar oleh team sepakbola yang ia dukung.

Nah kita tau seorang penonton sepakbola berasal dari berbagai daerah dan mereka tidak saling mengenal satu sama lain, lalu mereka berkenalan dan kemudian mereka akrab lalu berhubungan untuk saling mendukung teamnya, Nah hubungan ini yang dimaksud dengan gesellschaft (Patembayan).

Kenapa hubungan ini (Penonton sepak bola) Disebut gesellschaft ?

karena ketika seorang penonton sepakbola berhubungan dengan penonton lain yang beda wilayah mereka akan hanya akrab pada situasi itu, Setelah permainan bola selesai dan mereka pulang ke rumahnya masing-masing perasaan itu akan hilang dan akhirnya mereka saling melupakan satu sama lain.

Perbedaan gemeinschaft dan gesellschaft 

Jika teman sudah faham perbedaan gemeinschaft dan gesellschaft bisa teman simpulkan secara mudah dari apa yang telah saya jelaskan diatas, Akan tetapi jika memang masih belom faham saya akan coba menjelaskan.

Jadi begini : Jika gemeinschaft memiliki jangka waktu hubungan yang lama (Bahkan abadi), Jika gesellschaft cuma mempunyai jangka waktu hubungan yang sedikit (Bahkan cuma sekedar ilustrasi belaka).

Nah mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, Kurang dan lebihnya saya mohon maaf --- Selamat Belajar
Bagikan ke FACEBOOK

TerkaitPengertian Gemeinschaft dan Gesellschaft Lengkap

0 komentar:

Post a Comment