Thursday, March 8, 2018

Pengertian Tafahum, Contoh & Dampak Positif Tafahum

Assalamualaikum

Dikesempatan kali ini saya ingin berbagi materi seputar tafahum mulai dari pengertian tafahum, Dalil tafahum, Contoh tafahum dan dampak positif tafahum dalam kehidupan sehari-hari kita.

Pengertian tafahum
Kata tafahum diambil dari bahasa arab yaitu "TafaaHuman - YatafaaHamu - TafaaHama" Yang artinya adalah saling memahami atau saling mengetahui secara dalam kondisi seseorang.

Dalam Bahasa indonesia tafahum sama makna dengan istilah "Empati".

Empati menurut kamus besar bahasa indonesia adalah keadaan mental yg membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dl keadaan perasaan atau pikiran yg sama dng orang atau kelompok lain.

Pengertian tafahum, pengertian dan contoh tafahum, dalil tafahum, dampak positif tafahum, dampak negatif tafahum
Ilustrasi Sikap Tafahum From : Google.com

Dalam Islam tafahum berkaitan erat dengan taaruf, Jika teman belum baca mengenai taaruf silahkan teman scroll dan lihat dibagian related post artikel ini, Disitu ada Pengertian taaruf dan bagaimana contoh dari taaruf.

tafahum sangat dianjurkan bagi umat islam, Karena memang Allah Swt sendiri yang telah memerintahkan hambanya untuk mempunyai sifat ini, Sebagaimana dalam surah Al-Hujurat ayat 49 : 13 Yang Artinya

"Wahai Manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, Kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, Yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa. Sungguh, Allah maha mengetahui, Maha teliti". (Qs. Al-Hujurat 49: 13)

Dari ayat diatas sudah jelas bahwa Allah swt memerintahkan kepada hambanya untuk saling mengenal dan memahami antara satu hamba dengan hamba yang lain dan ini adalah alasan kenapa Allah menciptakan manusia dengan berbagai macam jenis baik fisik dan hal lainnya.

Kita tau bahwa manusia terbagi atas banyak sekali perbedaan yang terletak di anggota fisik mereka, Bukan hanya itu bahkan hal yang sakralpun berbeda contohnya adat-istiadat, Pola berbicara, Pola Gerak, Kebiasaan dan banyak hal lain

Dengan adanya perbedaan itu menjadikan kita memiliki kesatuan dan persatuan yang tinggi. Lain halnya mereka yang tidak ada perbedaan sama sekali diantara keduanya. Sungguh Rencana Allah adalah yang terbaik.

Contoh sikap tafahum

Saya akan tuliskan contoh dari sifat tafahum ini dan semoga ini bisa memperjelas teman dalam memahami pengertian tafahum

"Ahmad sedang susah menghadapi persoalan hidupnya, Ia mengalami kesulitan dalam mencukupi biaya sekolahnya.

ditambah lagi kedua orang tuanya termasuk orang yang miskin dan susah dalam sisi ekonominya, Dia berniat untuk bekerja akan tetapi dia tidak mempunyai kemampuan untuk bekerja.

Disamping itu dia mempunyai teman yang baik hati yang bernama irfan, Irfan tau kondisi yang dialami oleh ahmad dia tau dan fahami bahkan ikut merasakan kesusahan yang dialami oleh ahmad

Akhirnya irfan menawarkan pekerjaan kepada ahmad diperusahaan ayahnya untuk bekerja meskipun sebagai OB, Irfan berharap pekerjaan itu bisa mengatasi kesusahan hidupnya dan mencukupi biaya sekolahnya".

Kita dapat melihat dari ilustrasi bahwa sikap tafahum terletak pada "IRFAN", Irfan Mencoba memahami kondisi temannya yaitu ahmad secara dalam dan akhirnya timbul rasa iba dari salah satu orang tersebut.

Contoh lainnya :
"Hindun sedang sedih karena ayahnya telah meninggal, Dia sangat sedih ditambah lagi dia tidak mempunyai siapa-siapa lagi selain ALM. Bapaknya itu,

Dia tinggal sendirian setelah ayahnya pergi dan bahkan dia tidak mempunyai tempat tinggal karena tempat tinggal yang dia miliki disita akibat hutang bapaknya.

Tapi disamping itu dia punya seorang saudara didekat rumahnya, Saudanya ini sangat tidak tega dengan kondisi yang sedang dialami oleh hindun,

Keluarganya ini sangat mengerti dan faham betul tentang keadaan yang sedang dialami hindun, Kondisi itu memang sulit dijalankan oleh hindun yang umurnya masih terbilang muda.

Akhirnya keluarganya itu memungut hindun dan mempersilahkan hindun untuk tinggal dirumahnya selama-lamanya."


Dampak Positif tafahum

Setiap sikap pasti memiliki dampak tertentu tergantung dari sifat yang dilakukan, Mungkin teman bisa mengambil sampel tentang dampak positif tafahum dari contoh yang telah saya berikan diatas.

Tapi untuk memperjelas dampak positif tafahum ini silahkan simak baik-baik
1. Bisa menambah banyak pertemanan
2. Terciptanya rasa solidaritas yang tinggi
3. Tumbuhnya rasa saling memiliki
4. Sarana untuk memperkuat tali persaudaraan

Itu dia 4 dampak yang bisa teman peroleh jika menerapkan sikap tafahum, Bukan hanya 4 dampak diatas saja akan tetapi masih banyak lagi dampak positif yang lainnya.

Oh ya, Perlu teman ketahui bahwa sifat tafahum tidak memiliki dampak negatif karena memang sifat ini sifat baik dan bahkan diperintahkan oleh Allah swt.

Nah mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan. Kurang dan Lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya, Dan saya ucapkan

Wassalamualaikum
Bagikan ke FACEBOOK

TerkaitPengertian Tafahum, Contoh & Dampak Positif Tafahum

0 komentar:

Post a Comment