Thursday, March 29, 2018

Tujuan Kewirausahaan Bagi Siswa, Pendidikan dan Wirausaha

Pembahasan lengkap seputar tujuan kewirausahaan untuk siswa,  tujuan kewirausahaan untuk pendidikan dan seorang wirausaha itu sendiri. Silahkan simak fahami artikel berikut dengan sebaik-baik pemahaman

Sebelum Ke materi tujuan kewirausahaan, Saya ingin jelaskan terlebih dahulu secara singkat tentang "wirausaha"

Bagi pelajar SMK istilah wirausaha merupakan istilah dasar yang harus dipelajari semenjak duduk dibangku kelas satu, Sekolah menerapkan ini karena memang tujuan sekolah smk adalah untuk menghasilkan anak muda yang memiliki skill usaha

Artinya pihak sekolah ingin melahirkan tenaga-tenaga usaha bukan tenaga pekerja maupun tenaga pendidik.

Nah untuk mencapai keinginan tersebut secara otomatis pihak sekolah akan memperkenalkan tentang apa itu usaha, Siapa yang menjalankan dan bagaimana mekanisme kerjanya sehingga para siswa tidak asing dengan hal ini dan menjadi basic dia setelah lulus dari sekolah.

Baik lanjut kemateri : Sederhananya yang dimaksud dengan wirausaha adalah orang yang kemampuan dan keberanian untuk memulai atau menjalankan sebuah usaha (Bisnis)

Makna lain dari istilah wirausaha adalah orang-orang yang berani untuk menanggung resiko dalam membuka usaha

Wirausaha menurut saya pribadi (Semoga ini menjadi tambahan ilmu) adalah orang-orang yang memiliki kemampuan, tekad dan semangat yang kuat untuk menciptakan usaha dan lapangan kerja.

Seorang wirausaha harus untuk menciptakan lapangan kerja bagi orang lain, Harus mampu melakukan perubahan terhadap lingkungan maupun melakukan perubahan besar pada cakupan wilayah yang luas.

Contoh dari wirausaha adalah peternak telur, Loh kok bisa? Ya bisa, Segala jenis kegiatan yang mengeluarkan tenaga dan kemampuan dan kegiatan tersebut ia kelola sendiri (diawalnya) dan menadapatkan penghasilan untuk dirinya sendiri ini sudah termasuk dalam kategori wirausaha.

Seorang peternak telor (bebek) akan membuka peluang kerja bagian banyak orang, Salah satunya adalah pengiriman telur bebek kepada para konsumen.

Pada intinya seorang wirausaha adalah mereka yang bisa menciptakan perubahan yang bisa mensejahterakan rakyat.

Saya tidak akan bahas secara lebih luas lagi mengenai wirausaha, Silahkan teman cek artikel saya tentang pengertian wirausaha dengan cara klik pencaharian pada kolom pencaharian.

Baik selanjutnya mari kita bahas tentang tujuan kewirausahaan

tujuan kewirausahaan menurut para ahli, makalah tujuan kewirausahaan, yang bukan tujuan kewirausahaan adalah
Tujuan seorang wirausaha adalah melakukan perubahan-perubahan

Mungkin kalian disuruh untuk sebutkan tujuan kewirausahaan oleh guru kalian, Benar? Perlu teman ketahui, Tujuan Dari seorang wirausaha jika dijabarkan secara luas memiliki cakupan yang luas karena memang seorang wirausaha memiliki pengaruh yang besar bagi kehidupan rakyat.

Tapi dalam study kewirausahaan yang saya pelajari tujuan wirausaha ini terbagi menjadi 4 (empat). Baik mari kita uraikan satu persatu secara lengkap

1. Meningkatkan jumlah para wirausaha yang berkualitas.
Seorang wirausaha memiliki tujuan atau lebih condong ke tanggung jawab pasalnya seorang wirausaha harus mampu melahirkan generasi-generasi baru yang mahir dibidang usaha.

Seorang wirausaha bukan hanya dituntut untuk membuka lapangan usaha akan tetapi juga dituntut untuk menciptakan penerus yang kemudian bisa menggantikan posisinya.

Salah satu usaha yang dilakukan adalah membuka lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang bagaimana cara menjadi seorang wirausaha yang baik dan memiliki skill yang tinggi sehingga dengan mudah untuk menggapai keberhasilan.

Usaha yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan menjadi seorang motivator untuk orang lain.

Seorang motivator wirausaha dituntut untuk bisa membakar semangat seseorang untuk berwirausaha, Dia akan menjelaskan tentang mekanisme dalam berwirausaha dan apa-apa saja yang akan dihasilkan dan ditimbulkan jika menjadi seorang wirausaha.

Seorang motivator kewirausahaan juga dituntut untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada seseorang tentang hal-hal dasar apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi seorang wirausaha sekaligus hal apa yang harus dilakukan untuk bisa sukses dibidang kewirausahaan.

Dengan 2 Metode tersebut diharapkan bisa menghasilkan generasi-generasi wirausaha yang berkualitas dan menjadi kebanggaan negaranya. Aamiin

2. Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
Seorang wirausaha harus memikirkan hal apa saja yang bisa ia lakukan untuk kesejahteraan rakyat.

Maksudnya begini : Wirausaha harus mampu memikirkan bagaimana akibat atau apa yang akan terjadi dengan adanya dia dilingkungannya.

penanaman ini bertujuan agar para wirausaha memiliki niatan yang kuat untuk mensejahterakan masyarakat dilingkungannya,

3. Bisa menyediakan tempat untuk menampuang tenaga kerja
Di era sekarang ini mencari pekerjaan adalah hal yang sulit untuk dilakukan, Ini terjadi akibat persaingan yang semakin ketat ditambah lagi dengan kenaikan jumlah penduduk yang semakin banyak dari tahun ketahun.

Dengan menipisnya peluang kerja akan menimbulkan pengangguran dimana-mana terutama bagi mereka yang malas untuk belajar dan memahami bagaimana bumi ini bekerja

Dengan adanya seorang wirausaha akan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi banyak orang untuk bekerja dan secara otomatis hal ini akan mengurangi tingkat pengangguran seseorang.

Tanpa seorang wirausaha dunia ini akan hancur dan sulit berkembang !! bagi kalian yang sedang belajar dan menimba ilmu mari kita niatkan dalam hati yang paling dalam untuk menjadi seorang "Entrepreneur" (Wirausaha), Kita butuh orang yang bisa menciptakan perubahan-perubahan dalam dunia ini
Hilangkan niatmu menjadi seorang pekerja, dan luruskan niatmu untuk menjadi seseorang yang bisa merekrut dan memperkerjakan seseorang.

4. Memberi sumbangan sosial
Tujuan yang terakhir adalah mampu memberikan sumbangan sosial kepada masyarakat, Sumbangan yang dimaksud bisa berupa materi maupun fisik.

Contoh dari materi adalah seorang wirausaha yang mengeluarkan uangnya untuk mendirikan pendidikan, Pendidikan dan melakukan pembangunan-Pembangunan contohnya adalah renovasi masjid, Rumah orang miskin atau hal lainnya.

Dan sumbangan berupa fisik contohnya adalah ikut andil dalam mensejahterkan lingkungan tersebut. Artinya dia ikut terjun bukan hanya mengeluarkan donasi berupa uang saja.

Tujuan kewirausahaan untuk siswa

Jika diatas kita telah membahas tujuan dari seorang wirausaha, Kali ini kita akan bahas apasih tujuan kewirausahaan untuk para siswa.

1. Meciptakan generasi wirausaha
Dengan memperlajari seluk beluk dasar dari makna kewirausahaan diharapkan agar para siswa mau bercita-citakan menjadi seorang wirausaha, Ditambah dengan manfaat dan hal apa saja yang bisa dia peroleh jika menjadi seorang wirausaha

2. Membangun semangat untuk menjadi wirausaha
Tujuan kewirausahaan bagi siswa selanjutnya adalah agar mereka memiliki tekad yang kuat untuk bersemangat dan memiliki integritas yang tinggi terhadap cita citanya yaitu menjadi seorang wirausaha

3. Memberikan Gambaran dalam berwirausaha
Jika seorang pelajar sudah memliki semangat tujuan selanjutnya dari kewirausahaan ini adalah memberikan gambaran (Example) Kepada para siswa tentang bagaimana dan apa yang harus dia lakukan jika menjadi seorang wirausaha.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, Kurang dan lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya
Bagikan ke FACEBOOK

TerkaitTujuan Kewirausahaan Bagi Siswa, Pendidikan dan Wirausaha

0 komentar:

Post a Comment