Sunday, November 4, 2018

Istilah Istilah Dalam Teater Dan Drama (13 Istilah)

Memuat pelajaran sekolah seputar Istilah-istilah teater maupun drama | Seberapa penting istilah dalam pertunjukan teater atau drama? Jawabannya sangat penting

Terlebih bagi kamu yang kepengen banget menggeluti perfileman.

Yah, Dimana istilah-istilah ini berkaitan langsung dengan adegan dan hal-hal yang harus dilakukan dalam mementaskan pertunjukan teater

Penasaran? Simak selengkapnya berikut ini

Istilah istilah dalam dunia teater dan drama

istilah-istilah dalam drama beserta pengertiannya, istilah istilah drama dalam bahasa jawa,istilah istilah pemeran dalam teater
Sebenarnya ada banyak jenis istilah, Tapi saya hanya bisa menyebutkan 13 istilah saja, dan 13 istilah ini juga yang terpenting dan harus diketahui apalagi untuk teman yang mau menjadi pemain tetaer maupun drama.

Dan berikut 13 istilah teater/drama tersebut

1. Babak

Mungkin kata babak sudah tidak asing lagi ditelinga teman-teman semuanya ya kan? Yah, Apalagi istilah babak sering dipakai dalam pergantian sesi perlombaan dan hal yang berbau "Pertandingan" Lainnya

Sebenarnya arti dari istilah babak tidak jauh beda dengan istilah babak pada umumnya yaitu "Pergantian sesi atau round"

Tapi untuk teater pergantian babak memiliki ciri khasnya sendiri yaitu dengan Diturunkannya layar kemudian lampu penerangan dimatikan sejenak. Dan ketika babak kedua akan dimulai maka diangkatlah layar penutup sekaligus menyalangan lampu penerangan.

2. Prolog

Apakah kamu penonton setiap dari opera van java? Jika ia maka istilah prolog ini sangat mudah teman cerna.

Diawal acara ada satu orang yang berpakaian seolah-olah kisana kerajaan, Lalu dia membacakan isi cerita yang akan dipentaskan beserta pemain-pemain yang ikut andil dalam pementasan teater tersebut,

Nah kisana (Dalang) itulah yang masuk dalam kategori prolog. Karena pengertian prolog sendiri adalah kata - kata pendahuluan dengan tujuan menjelaskan dan memaparkan kepada para penonton mengenai isi cerita, Jalannya cerita serta pemain yang ada didalamnya

Sudah faham?

3. Monolog

Jika kita melihat sekilas, Kata monolog sangat mirip dengan monologue (Bahasa inggris) yang artinya berbicara sendiri...

Apakah istilah monolog diambil dari bahasa inggris?

Jawabannya bisa jadi, Loh kok bisa jadi?

Karena saya pribadi tidak tau betul mengenai hal ini, hehe... Tapi jika kita jabarkan makna dari monolog artinya sama dengan monologue

Dari apa yang saya pelajari, Pengertian Monolog adalah Percakapan seorang pemain dengan dirinya sendiri, Dan percakapan yang dia katakan adalah seputar kejadian dari apa yang ia alami

Istilah ini juga bukan hanya berlaku untuk teater saja tapi drama juga termasuk teman, Apalagi drama korea yang mana pemainnya sering curhat sendiri akibat cinta yang kandas ditengah jalan. walah-walah

Kamu jangan kaya gitu yah, Hehe

4. Mimik

Kamu pernah melihat orang yang sedang menangis, lalu tiba-tiba wajahnya berubah senang karena orang yang dia cinta ngajak balikan padahal baru aja diputusin satu hari yang lalu, haha

Nah itulah mimik teman. Pengertian mimik adalah ekspresi wajah sesuai dengan apa yang dia alami, Jika sekirnya dia sedang bahagia maka sudah pasti wajah sang pemain tersenyum bahagia.

Tapi lain halnya dengan orang yang mencintai seseorang tapi orang yang dicintai tidak pernah mencintainya, Dia akan selalu terlihat bahagia meskipun dalam hatinya terluka dan sudah pasti ini melanggar istilah mimik, haha

Yang kaya gitu bukan mimik yah teman!

5. Pantomim

Pantomim sangat identik dengan sesuatu yang berbau lucu, Humoris, Pokoknya bikin ketawa deh, Benar?

Yah, Benar sekali... Tapi dalam dunia teater pantomim bukan dikaitkan dengan susuatu yang lucu atau humoris. Tapi pantomim yang dimaksud mengarah kepada tubuh dan pergerakan sang pemain yang mengikuti alur cerita

Begini : Jika seorang pemain sedang marah besar maka pemain akan menggerakan tangan baik untuk manampar maupun memukul,

Atau seorang pemain yang menginjak kaki pemain kedua, Dengan maksud memberitahukan kepada penonton bahwa saya yang menginjak kaki pemain yang kedua menyuruh kepada dia diam dan tidak berbicara

6. Pantomimik

Ada dua istilah yang terlibat disini, Yaitu pantomim dan mimik dan sudah pasti makna pantomimik adalah gabungan dari kedua istilah tersebut.

Yah, Arti pantomimik adalah perpaduan antara gerak tubuh dengan ekspresi wajah, Keduanya selaras dan harus mendukung satu sama lain

Misal ada pemain yang berperan menganiaya pemain protagonis, Saat menganiaya tentu exspresi wajah yang menganiaya seolah-olah marah besar kepada pihak protagonis dan gerak tubuhpun pasti mengikuti, Baik mendorong, Memukul dan kekerasan lainnya

7. Gestur

Dalam penampilan teater ada diantara pemain yang berjalan lebay, Ada yang berjalan cepat dan ada yang berjalan lambat sekali.

Bukan karena sesuatu tapi memang dijadikan ciri khas dia dalam berjalan sesuai karakter yang ia dapatkan,

Itulah gestur, Gestur adalah Tanda khusus pada cara berjalan dan cara bergerak pemain

8. Improvisasi

Terkadang dari setiap pemain juga memiliki kesalahan, Dan apabila kesalahan itu terlihat maka buruklah pementasan yang ditampilkan

Tapi mereka tidak seceroboh itu teman, Ada istilah improv dimana para pemain harus bisa mengalihkan situasi yang tadinya salah dan menyimpang dari alur cerita menjadi benar. Dan tentu ini dilakukan secara spontan berdasarkan intuisi yang dimiliki pemain

Dalam istilah teater atau drama Pengertian improvisasi adalah Gerakan atau ucapan penyeimbang yang dilakukan pemain untuk lebih menghidupkan pementasan atau mengembalikan suasana yang tadinya menyimpang dari alur cerita

9. Ilustrasi

Yang kita tau makna dari ilustrasi adalah khayalan (Imajinasi) benar bukan? Yah, Benar. Tapi ilustrasi dalam istilah ini bukan menjulur kearah situ teman

Iustrasi yang dimaksud adalah Iringan bunyi-bunyian untuk memperkuat suasana yang sedang digambarkan

Bunyi bisa berupa alat musim drum, Bas dan lainnya


10. Kontemporer

Ini biasa disebut dengan naskah, Tapi isi naskah berbeda dengan naskah yang semestinya, Perbedaan terletak di isi naskah yang memuat adegan bebas tanpa terikat aturan dan hal2 formal lainnya

11. Kostum

Kostum bisa kita sebut sebagai pakaian atau busana.

Jika seseorag  mendapatkan peran seorang dokter maka otomatis kostum menyesuaikan peran tersebut yaitu baju dokter

12. Skenario

Sama halnya dengan skema pembuatan sketsa atau gambar yang dibuat untuk menentukan pola dengan tujuan agar sketsa atau gambar itu bisa dibuat dengan sebaik mungkin,

Nah, Dalam pertunjukan tetaer disebut dengan skenario, Dimana isi dari skenario adalah susunan, Pola atau rangkaian acara yang akan dipentaskan, Sehingga skenario ini menjadi opsi utama lancar tidaknya pertunjukan teater nantinya

13. Epilog

Dan istilah teater terakhir adalah epilog atau penutup. Penutup biasanya disampaikan oleh dalang dengan menyampaikan sekata atau dua kata yang berisikan ajaran-ajaran yang bisa ambil dari pertunjukan

Nah itu dia 13 istilah teater dan drama, Semoga bermanfaat dan - Terima kasih

Bagikan ke FACEBOOK

TerkaitIstilah Istilah Dalam Teater Dan Drama (13 Istilah)

0 komentar:

Post a Comment