Monday, November 26, 2018

Pengertian Roman, Jenis, Dan Cirinya Lengkap (Full)

Membahas pelajaran sekolah seputar roman (Arti dan makna roman) sebagai bentuk salah satu karya sastra, Jenis roman dan akhir pembahasan akan dibahas seputar ciri ciri roman | Siapa yang tidak kenal dengan istilah "Roman" Apalagi bagi teman yang pernah menonton film yang sangat di grandungi para pemuda itu,

Yah, Dan film itu berjudul roman picisan. Itulah salah satu film yang berbentuk roman teman, Dan jenis roman yang ada di film itu adalah roman percintaan.

Tapi apakah teman tau bagaimana pengertian roman, ciri dan jenis janis roman itu. Dan saya yakin jika hanya menonton tentu tidak akan tau makna dan isi kandungan yang ditonton. Benar?

Nah, Oleh karena itu, Kali ini saya akan mengulas dengan lengkap mulai dari pengertian, jenis dan sampai materi terakhir yaitu seputar karakteristik roman. Dan untuk mempercepat teman mempelajari hal-hal yang telah saya sebutkan, Silahkan pilih materi berikut ini. Pilih sesuai hajat teman masing-masing yah


1. Pengertian roman

Pengertian roman, ciri ciri roman, Jenis jenis roman, jenis roman, arti roman, makna dari roman, karakteristik roman, spesifikasi roman, macam macam roman, bagian roman
Nah untuk pengertian roman saya telah baginya menjadi dua kategori dasar teman. Dan kategori itu berupa pengertian secara umum dan pengertian menurut para ahli yang memang expert dibidang itu teman. Berikut selengkapnya

1,1. Pengertian roman (Umum)

Sudah saya singgung berkali kali bahwa yang dimaksud dengan roman adalah salah satu bentuk karya sastra (Karya kata berbentuk cerita fiktif atau disebut dengan prosa fiksi). Sama dengan karya sastra lainnya seperti novel dan cerpen, Hanya saja roman memiliki kata (Cerita) lebih panjang bahkan tidak terbatas seperti halnya Novel.

Kenapa bisa begitu?

Karena roman berisikan cerita kehidupan seseorang tokoh yang dimulai dari semenjak ia dilahirkan, Sampai dewasa dan akhirnya sampai dia meninggal dunia. Itu sebabnya kenapa isi roman sangat panjang.

Coba teman banyangkan, Ada satu tokoh yang diceritakan oleh pengarang, Dan cerita itu bermula sejak ia dilahirkan. Dan kamu tau teman? Kita tidak seenak-enaknya lompat sesi atau lompat tahun ke usia dewasa tokoh yang diceritakan itu, Tetapi sang pengarang akan membahas secara detail bagaimana masa kecilnya, Bagaimana dia beraksi dengan karakter dan wataknya atau mungkin kejadian yang sangat krusial dimasa kecilnya.

Sudah faham sampai disini? Tentu, Dan pasti!

Teman pengen pengertian yang lebih singkat engga? Nih saya kasih yah...
Yang dimaksud dengan roman adalah karya sastra bentuk prosa fiksi yang isinya menceritakan tokoh atau sekelompok tokoh semenjak ia dilahirkan, Sampai ia meninggal dunia.
Itu pengertian umumnya, Dan dibawah ini adalah pengertian menurut tiga (3) Para  ahli

1,2. Pengertian roman (Menurut para ahli)

Tiga para ahli yang saya maksud adalah matzkowski, Gothe dan jasin. Bukan hanya itu saja teman, Saya juga akan kasihkan kepada teman pengertian roman menurut kamus besar bahasa indonesia diakhir artikel. Simak selengkapnya

a. Menurut Matzkowski (Tahun 1998)

Beliau mengemukakan bahwa Roman berasal dari bahasa prancis "Romanz" yang penggunaannya mengacu kepada semua karya sastra dari golongan rakyat biasa. Istilah roman identik berasal dari ungkapan latin yaitu lingua romana yang berarti karya sastra dari golongan biasa

b. Menurut Gothe

Beliau mengatakan bahwa Roman adalah sebauh karya sastra yang fiksi. Roman adalah karya sastra yang menggambarkan peristiwa yang mungkin terjadi dengan kondisi yang tidak mungkin menjadi kenyataan. Roman berfikat subjektif karena pengarang berusaha menggambarkan dunia menurut pendapatnya sendiri

c. Menurut Jasin

Ini yang terakhir. Beliau mengatakan bahwa Roman adalah cerita yang melingkupi seluruh kehidupan tokoh, Pelaku-pelaku digambarkan dari kehidupan dimasa kecil hingga kematiannya

d. Roman menurut kamus besar bahasa indonesia

KBBI mengatakan bahwa Roman adalah sebauh karangan yang melukiskan perbuatan pelaku menurut watak dan isi jiwa masing-masing

Nah, Kita sudah membahas apa itu pengertian roman bahkan menurut para ahli yang memang expert dibidang itu. Dan selanjutnya kita akan membahas tentang jenis jenis roman itu sendiri, Simak selengkapnya berikut ini


2. Jenis-Jenis roman

Ada dua pendapat yang bisa saya angkat disini teman, Pendapat pertama menurut ruttkowski dan pendapat yang kedua menurut badudu. Berikut selengkapnya

2,1. Menurut Ruttkowski dan Reichman (1974)

Ada sekitar sepuluh jenis roman yang  kemudian dibagi menjadi Dua (2) Kategori dasar, Kategori pertama bedasarkan penggambaran utama dalam cerita, Kategori kedua berdasarkan penitikberatan cerita. Berikut selengkapnya

1. Berdasarkan penggambaran utama dalam cerita

Nah untuk kategori pertama ini terbagi lagi menjadi tiga bagian teman, Yaitu figuren roman, Reum roman dan hand lungs roman. Berikut pemaparannya

a. Figuren roman
Jenis roman ini biasa disebut dengan nama "Roman tokoh". Yah, Roman yang menitik beratkan penggambaran seseorang atau beberapa tokoh dalam cerita, Atau bisa kita simpulkan bahwa jenis roman ini berfokus pada tokoh yang ada didalamnya

b. Reum roman
Atau bisa kita sebut dengan "Roman dunia". Sesuai namanya, Roman ini lebih cenderung pada penggambaran dunia disekitarnya, Beda dengan figuran yang lebih berfokus pada tokoh

c. Hand lungs roman
Bisa kita sebut roman ini dengan nama "Roman tindakan", Yah, Sesuai dengan namanya, Roman ini sangat menekankan pada tindakan atau tingkah laku para tokohnya

2. Berdasarkan penitikberatan cerita

Nah untuk kategori yang kedua memuat bagian yang lebih banyak lagi teman, Yaitu sebanyak tujuh (7) bagian. Berikut selengkapnya

a. Roman kriminal dan detektif
Kriminal tentu berkaitan dengan tindak kejahatan, Sehingga roman kriminal identik sekali dengan penggambaran seorang penjahat.

Sedangkan detektif identik dengan kasus dan roman ini sudah pasti menggambarkan kemampuan seorang tokoh yang dapat memecahkan teka-teki atau kasus tertentu

b. Roman petualangan
Sama halnya dengan cerita si bolang, Roman ini menggambarkan kejadian-kejadian rill dari setiap tingkah laku yang tokoh utama kerjakan.

Jika dalam sibolang lebih bersifat sosial dan edukasi (Saling membantu dan menambah wawasan). Tapi dalam roman petualangan ini lebih bersifat pahlawan, Artinya dalam cerita termuat tindakan-tindakan penyelamatan sang tokoh.
Tambahan, Roman ini disusun menggunakan bahasa yang sederhana dan deskriptif, Penyajian ceritanyapun bersifat personal (Tunggal)
c. Roman psikologi
Sesuai namanya, Roman ini lebih menggambarkan keadaan batin tokoh-tokoh yang diceritakan, Sehingga tingkah laku dan perbuatan hanya diulas sedikit saja.

d. Roman percintaan
Sesuai namanya, Roman ini menjelaskan tentang percintaan, Dan cinta itu terjadi pada semua tokoh yang terkait

e. Roman hiburan
Hiburan berarti sesuatu yang menarik dan membahagiakan, Dan sudah pasti isi roman ini adalah cerita yang menggambarkan kebahagiaan tapi dengan maksud memberi hiburan kepada orang yang membaca atau menontonnya

f. Roman anak remaja
Bagi kamu yang masih menginjak usia anak-anak (SD - SMP) dan usia remaja (3SMP - SMK) Roman ini sangat cocok untuk kamu, Karena memang isi dari roman ini berkaitan erat dengan kehidupan seorang remaja, Baik percintaan yang dia alami, Masa kecil yang ia senangi bahkan petualangan dimasa sekolah yang tak terlupakan

g. Roman pendidikan
Nah jenis roman ini yang sangat rekomended banget apalagi untuk kalangan pelajar, Kenapa? Karena isi dari roman ini adalah penggambaran cerita seputar perkembangan pendidikan dan kiat-kiat yang bisa kita lakukan dalam belajar efektif. Atau mungkin kiat-kiat menjadi murid terbaik juga ada
Terkait : Cara saya mendapatkan ranking 1 disekolah terus menerus
Nah itu dia 10 jenis roman menurut Ruttkowski dan Reichman, Dan selanjutnya kita akan bahas jenis roman menurut badudu, Simak selengkapnya berikut ini

2,2. Menurut Badudu (1977)

Sekali lagi, Ada lima (5) bagian roman menurut badudu, yaitu roman bertenden, Roman Sejarah, Roman psikologi, Roman kemasyarakatan dan roman detektif. Berikut selengkapnya

1. Roman bertenden

Jenis roman ini mengangangkat keganjilan-keganjilan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat

2. Roman sejarah

Jenis roman ini menggambarkan kehidupan tokoh-tokoh cerita dalam sejarah

3. Roman psikologi

Jenis roman ini hampir sama dengan Roman psikologi yang telah saya bahas diatas, Yaitu roman yang berfokus kepada keadaan batin (kejiawaan) tokoh-tokoh yang diceritakan

4. Roman kemasyarakatan

Jenis roman ini menggambarkan kehidupan tokoh masyarakat, Lebih tepatnya sosialiasi dan karena itulah istilah roman ini juga kadang disebut dengan istilah "Roman sosial"

5. Roman detektif

Sebelumnya saya telah bahas tentang roman detektif. Yah, Roman yang menggambarkan seorang tokoh yang sedang mencoba menyelesaikan suatu masalah (Problek) atau teka-teki yang harus dipecahkan.

Nah itu dia jenisnya teman, Lengkap banget bukan? Sudah pasti, hehe. Baik, Selanjutnya kita akan membahas ciri ciri dari roman itu sendiri teman. Simak selengkapnya berikut ini

3. Karakteristik roman

Sesuai judul yang tersedia, Ada sekiranya empat (4) ciri yang bisa teman ambil sebagai dalil bahwa itu adalah karya sastra bentuk roman atau untuk pembuatan "Ro man" Siapa tau ada dari teman yang ingin buat, hehe

1. Roman bercerita tentang seorang tokoh fiktif
Kita tau bahwa roman termasuk karya sastra berbentuk fiksi atau fiktif dan sudah dipastikan bahwa isi didalamnyapun berupa fiksi atau hasil imajinasi seorang pengarang.

Mau tokoh, Latar, Maupun mediasi lainnya, itu hanya hanyalan dan imajinasi seorang pengarang yang dikaitkan dengan dunia nyata. Jadi jangan heran susunan ceritanya agak mirip dengan kehidupan nyata, Tapi sebenarnya itu hanyalan sebuah karangan belaka

2. Dalam roman, Toko diceritakan mulai dari kelahiran hingga kematiannya
Ini yang membedakan roman dengan karya sastra lainnya, Selain bentuknya yang fiksi tapi roman seolah-olah mengisahkan seorang tokoh dari semenjak ia dilahirkan sampai ia wafat atau mungkin sampai ia dikuburkan. Intinya sampai ia telah tiada didunia, hehe

Prinsipnya sama dengan biografi tapi ini bukan faktual melain fiksi (karangan seorang pengarang)

3. Memiliki alur cerita yang kompleks
Alur berarti rangkaian cerita dan kompleks bearti memiliki banyak bagian.

Sebelumnya, Saya telah bahas mengenai pengertian kompleks, Tapi setidaknya teman tau makna sederhana dari kata kompleks yaitu memiliki banyak bagian atau susunan

Sehingga bisa disimpulkan bahwa roman memiliki banyak alur dalam isi ceritanya. Kok bisa begitu? Yah, Karena syarat dalam karya sastra roman harus memiliki kata (Cerita) Yang panjang, Bahkan melebih novel

Gimana engga panjang coba, Semua kehidupan seorang toko utama harus terpampang jelas bahkan karakter dan sifatnyapun harus ada dan dipraktekan oleh tokoh tersebut baik dimasa kecilnya maupun masa dewasanya

4. Karakter tokoh diceritakan atau disajikan secara detail
Nah, Ini adalah ciri terakhir dari roman. Seperti yang telah saya bahas sebelumnya bahwa roman harus kompleks termasuk dalam urusan karakter,,

Pengarang harus memberikan gambaran dengan jelas karakter tokoh utama semasa ia hidup, Ada protagonis dan Antagonis atau karakter lain yang ia perankan. Dengan begitu para pembaca bisa dengan jelas memahami "Bagaimana sih sosok peran utama" Dalam roman tersebut.

Gimana teman, Sudah komplit banget bukan? Saya berharap teman menjawab ia, hehe

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, Kurang dan lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih
Hubungi saya dibagian kontak saya jika sekiranya ada yang hendak teman tanyakan baik sifatnya pribadi maupun education
Bagikan ke FACEBOOK

TerkaitPengertian Roman, Jenis, Dan Cirinya Lengkap (Full)

0 komentar:

Post a Comment