Sunday, December 2, 2018

3 Struktur Dongeng Lengkap

Membahas pelajaran sekolah seputar dongeng lebih tepatnya mengenai struktur yang ada pada karya sastra dongeng | Sebelum ini kita telah membahas dongeng secara lengkap sekali mulai dari pengertian dongeng, Lalu 6 ciri ciri dongeng kemudian jenis jenis dongengnya juga sampai akhirnya pembahsan dongeng ini yang merujuk pada struktur dongeng.

Setiap bentuk prosa fiksi pasti mempunyai struktur seperti 6 struktur cerpen dan 6 struktur novel, Tapi ada juga loh teman yang tidak mempunyai struktur sama sekali seperti dalam naskah drama.

Setiap struktur karya sastra juga mempunyai ciri khasnya masing-masing dan itu tergantung dari bagaimana isi yang meluputi ciri ciri dari setiap karya sastra. Nah struktur yang kita bahas kali ini adalah mengenai karya sastra dongeng, Berikut selengkapnya

Struktur (Susunan) Dongeng

Struktur dongeng, susunan dongeng, macam macam struktur dongeng
Sesuai dengan judul dalam artikel ini, Ada sekiranya tiga (3) struktur yang harus ada dan dimiliki dongeng. Yaitu Pendahuluan, Kemudian isi peristiwa dan penutup. Berikut pemaparan lengkapnya

1. Pendahuluan

Bagian ini, Seorang pengarang harus membuat sebuah kalimat atau kata-kata pengantar yang berisikan motivasi membuat dongeng serta pemaparan secara singkat mengenai isi dongeng yang akan diceritakan

2. Isi (Peristiwa)

Nah ini bagian penting dalam penulisan sebuah dongeng, Yang mana bagian ini memuat semua kejadian-kejadian secara urut berdasarkan alur yang telah dibuat sebelumnya.

Dan satu hal yang penting bahwa isi dari sebuah dongeng adalah kejadian masa lalu yang memiliki peristiwa bermakna dan bersejarah dan yang pasti mengandung nilai baik didalamnya (Dalam tanda kutip)

3. Penutup

Sama halnya dengan pembuatan karya sastra lainnya. Dalam sebuah dongeng juga harus ada kata-kata penutup, Dan kata itu bukan hanya sekedar menutup isi cerita tapi juga sekaligus memberikan inti makna dari apa yang telah dibaca oleh para pembaca.

Bagaimana teman, Sudah faham sampai disini? Saya harap jawabannya "Iya", hehe

Mungkin cukup disini saja pembahasan kita tentang struktur dongeng ini, Jika sekiranya ada yang hendak teman tanyakan jangan sungkan untuk bertanya dengan cara menghubungi saya dibagian kontak saya atau melalui kolom komentar dibawah ini "Jika tersedia"

Sekian dari saya dan Terima kasih

Bagikan ke FACEBOOK

Terkait3 Struktur Dongeng Lengkap

0 komentar:

Post a Comment